Selasa 26 Sep 2023 17:14 WIB

Kepala Polisi Palestina Berkunjung, Menhan Tegaskan Dukungan RI

Kepala Kepolisian Palestina Mayor Jenderal Yousef Al-Hilo berkunjung ke Indonesia

Red: Esthi Maharani
 Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menegaskan dukungan Pemerintah Indonesia kepada perjuangan rakyat Palestina saat kunjungan Kepala Kepolisian Palestina Mayor Jenderal Yousef Al-Hilo
Foto: www.worldbulletin.net
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menegaskan dukungan Pemerintah Indonesia kepada perjuangan rakyat Palestina saat kunjungan Kepala Kepolisian Palestina Mayor Jenderal Yousef Al-Hilo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menegaskan dukungan Pemerintah Indonesia kepada perjuangan rakyat Palestina saat kunjungan Kepala Kepolisian Palestina Mayor Jenderal (Mayjen) Yousef Al-Hilo di Jakarta, Selasa (26/9/2023). Prabowo mengatakan dukungan itu tidak hanya dalam bentuk advokasi di forum-forum internasional, tetapi juga di sektor pendidikan.

"Kita (Indonesia) mungkin bulan depan, ya, sebentar lagi, kami akan terima beberapa mahasiswa dari Palestina yang dapat beasiswa. Kita berikan (dari) Pemerintah Indonesia untuk (mereka) sekolah di Indonesia, di Universitas Pertahanan," kata Prabowo usai pertemuan di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Selasa (26/9/2023).

Prabowo menambahkan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa dari Palestina berupa program sarjana dari jurusan kedokteran, teknik sipil, teknik elektro, farmasi, matematika, kimia, dan biologi.

"Jadi, itu kerja sama kita dalam rangka mendukung perjuangan Palestina," tambahnya.

Dalam pertemuan itu, Prabowo juga menyampaikan arahan terbaru dari Presiden RI Joko Widodo yang memintanya mencari cara-cara baru untuk membantu perjuangan rakyat Palestina.

"Bapak Presiden juga memerintahkan saya untuk mencari bentuk-bentuk lain. Kita bisa bantu kemanusiaan, bantu pendidikan, dan sebagainya," kata Prabowo.

Program beasiswa dari Pemerintah Indonesia untuk mahasiswa asal Palestina itu telah dimulai sejak pertengahan tahun 2023, dengan ditandai penandatanganan kerangka kerja sama antara Kedutaan Besar Palestina untuk RI dan Universitas Pertahanan pada tanggal 19 Juni 2023 di Jakarta.

Prabowo pun ikut menyaksikan acara penandatanganan dokumen kerja sama itu.

"Ini adalah (beasiswa) penuh, termasuk biaya hidup. Nilai (beasiswa) persis nanti akan dicek, (mereka) akan ikut program kita sesuai kurikulum kita, dengan standar yang sudah kita tetapkan," kata Prabowo.

Untuk tahap pertama, rencananya sebanyak 22 mahasiswa asal Palestina akan menempuh pendidikan sarjana di Universitas Pertahanan.

"Ini sangat penting untuk masa depan Palestina dan kami sangat terhormat menjadi bagian dari perjuangan kemerdekaan Palestina," ujar Prabowo.

Sejak awal kemerdekaan sampai saat ini, Pemerintah Indonesia konsisten mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk merdeka secara penuh, terutama dari segala bentuk pendudukan dan agresi Israel.

Sampai saat ini, meskipun Palestina telah mendeklarasikan kemerdekaannya pada tahun 1988, banyak negara yang belum mengakui Palestina sebagai negara merdeka.

Hingga saat ini pun Palestina belum tercatat sebagai anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), meskipun lebih dari 130 negara anggota PBB telah mengakui kemerdekaannya. Status Palestina di PBB saat ini masih sebagai negara pengamat non-anggota.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
سَمّٰعُوْنَ لِلْكَذِبِ اَكّٰلُوْنَ لِلسُّحْتِۗ فَاِنْ جَاۤءُوْكَ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ اَوْ اَعْرِضْ عَنْهُمْ ۚوَاِنْ تُعْرِضْ عَنْهُمْ فَلَنْ يَّضُرُّوْكَ شَيْـًٔا ۗ وَاِنْ حَكَمْتَ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِالْقِسْطِۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِيْنَ
Mereka sangat suka mendengar berita bohong, banyak memakan (makanan) yang haram. Jika mereka (orang Yahudi) datang kepadamu (Muhammad untuk meminta putusan), maka berilah putusan di antara mereka atau berpalinglah dari mereka, dan jika engkau berpaling dari mereka maka mereka tidak akan membahayakanmu sedikit pun. Tetapi jika engkau memutuskan (perkara mereka), maka putuskanlah dengan adil. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang adil.

(QS. Al-Ma'idah ayat 42)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement