Jumat 29 Sep 2023 18:20 WIB

Dirjen Bina Pemerintahan Desa Ajak Semua Pihak Majukan Desa

Desa merupakan kawasan yang paling berperan memajukan negara.

Red: Erdy Nasrul
Pelatihan bina pemerintahan desa oleh Kemendagri yang diselenggarakan online melibatkan 33 provinsi.
Foto: dok web
Pelatihan bina pemerintahan desa oleh Kemendagri yang diselenggarakan online melibatkan 33 provinsi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Dalam Negeri menggelar Pelatihan Penguatan Kapasitas Aparatur Desa yang diselenggarakan serentak di 33 Provinsi pada Jumat (29/9/2023). Kegiatan yang memasuki tahap dua ini diikuti oleh berbagai pihak yang terlibat dalam pengelolaan desa. 

Pembukaan pelatihan tahap kedua Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) digelar terpusat di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (26/9/2023) dan secara resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Dr. Eko Prasetyanto Purnomo Putro, S.Si., M.Si., MA.

Baca Juga

Dalam sambutannya, Eko menyampaikan bahwa Desa menjadi dasar pembangunan di Desa, sehingga komitmen dari seluruh Aparatur Pemerintah Desa merupakan sebuah kewajiban untuk membangun Desa menjadi lebih baik. 

"Kita harus memiliki komitmen bersama, apalagi bapak dan ibu sebagai Aparatur di Desa, Kepala Desa, perangkat Desa, BPD, LKD, PKK, Posyandu, Karang Taruna, LPM, kemudian lembaga-lembaga kerjasama Desa, BUMDes, tidak semua orang dapat duduk disitu. Mari kita komitmen merubah mindset dari diri kita untuk memajukan Desa Kita," ujar Eko.