Jumat 06 Oct 2023 09:53 WIB

Ada yang Menarik, Kalau ke Danau Toba Jangan Lupa Singgahi Huta Siallagan

Di Samosir menjadi asal mula peradaban penegakan hukum.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Lida Puspaningtyas
Huta Siallagan di Kabupaten Samosir yang saat ini menjadi salah satu desa wisata di Samosir, Kamis (6/10/2023).
Foto: Rahayu Subekti
Huta Siallagan di Kabupaten Samosir yang saat ini menjadi salah satu desa wisata di Samosir, Kamis (6/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SAMOSIR -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini sudah melakukan pembangunan infrastruktur pada Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba di Provinsi Sumatra Utara. Salah satunya yakni Huta Siallagan di Kabupaten Samosir yang kawasannya sudah diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2022.

Kementerian PUPR pada 2021 sudah merampungkan pekerjaan penataan kawasan Huta Siallagan yang merupakan desa wisata di Pulau Samosir. Berkunjung ke Huta Siallagan, wisatawan dapat lebih mengenal budaya Batak Toba di desa peninggalan yang masih ada sejumlah Rumah Bolon.

Baca Juga

"Huta Siallagan ini destinasi sebelumnya sudah ada kemudian kemudian PUPR mengembangkan dan meningkatkan kualitas supaya menjadi destinasi yang semakin nyaman dan menarik sehingga para wisatawan dapat dilayani dengan baik," kata Kepala Satuan Kerja Wilayah III Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatra Utara Dwi Atma Singgih Raharja Sabar di Huta Siallagan, Kamis (5/10/2023).

Singgih menjelaskan revitalisasi di Samosir dilakukan tidak hanya di Huta Siallagan saja namun juga di Kampung Ulos Huta Raja. Keduanya sikerjakan secara multi years pasa 2020-2021 yang tergabung dalam satu paket kontrak Rp 55 miliar.