Rabu 11 Oct 2023 14:40 WIB

Efek Mematikan Bom Fosfor Putih Beracun yang Digunakan Israel di Gaza

Fosfor putih dapat membakar orang hingga ke tulang

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Bom fosfor putih Israel
Foto:

Campuran fosfor putih dan karet yang terkandung dalam bom fosfor, ketika meledak, dapat menempel pada kulit korban. Setelah bersentuhan dengan fosfor, individu tersebut akan berusaha menghilangkan titik terbakar. Namun, karena bom fosfor dicampur dengan gelatin karet, massa kental yang menempel di kulit akan memperburuk efeknya.

“Jika sebagian fosfor putih masih menempel di dalam tubuh, ia dapat menyala kembali jika terkena udara lagi (seperti saat perawatan medis). Ini sangat buruk, menyebabkan luka bakar yang sangat menyakitkan jika seseorang bersentuhan dengannya,” kata Margaret E Kosal.

Fosfor putih biasanya menyebabkan luka bakar tingkat tiga, terkadang sampai ke tulang. Korban serangan kemungkinan besar akan mati perlahan karena luka bakar atau menghirup asap beracun. Mereka yang bertahan hidup biasanya harus berjuang dengan gangguan parah selama sisa hidup mereka, seperti kerusakan hati, jantung atau ginjal, demikian peringatan dari Agency for Toxic Substances and Disease Registry (ATSDR). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement