Selasa 17 Oct 2023 11:57 WIB

X Rilis Fitur Baru untuk Admin Komunitas, Ini Manfaatnya

Fitur ini merupakan bagian dari Komunitas X/Twitter.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Dengan fitur baru X, admin komunitas di platform media sosial ini dapat meminta orang baru untuk menjawab beberapa pertanyaan sebelum mereka bergabung dengan grup./ilustrasi
Foto: EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
Dengan fitur baru X, admin komunitas di platform media sosial ini dapat meminta orang baru untuk menjawab beberapa pertanyaan sebelum mereka bergabung dengan grup./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Platform Twitter, sekarang X, telah meluncurkan fitur baru yang memungkinkan administrator komunitas meminta orang baru menjawab pertanyaan sebelum bergabung dengan grup. Fitur ini merupakan bagian dari Komunitas Twitter, yang merupakan cara baru bagi pengguna untuk terhubung, berbicara, dan menjalin interaksi dengan orang lain yang memiliki minat dan hobi yang sama. 

Ada beberapa manfaat dari fitur ini bagi admin komunitas. Setelah diluncurkan, akun resmi X menyebut fitur ini sebagai “gatekeeping allowed”.

Baca Juga

Dengan fitur baru ini, admin komunitas di X kini dapat meminta orang baru untuk menjawab beberapa pertanyaan sebelum mereka bergabung dengan grup. Dilihat dari tangkapan layar yang dibagikan X, halaman untuk bergabung dengan grup berisi pertanyaan, aturan grup, dan konten lainnya. Selain itu juga ada tombol “Setuju dan Gabung” di bagian bawah. Hal ini serupa dengan platform komunikasi sosial seperti Facebook dan Chinese QQ.

Setelah Elon Musk mengakuisisi Twitter, ia mempertimbangkan untuk mengubah platform media sosial Twitter menjadi aplikasi super seperti WeChat. Pada paruh pertama tahun lalu, dia sudah berbicara tentang kecintaannya pada model WeChat di podcast. 

“Ini seperti kombinasi Twitter, PayPal, dan banyak hal lainnya, menggunakan antarmuka yang hebat. Ini menyatukan mereka semua. Ini adalah aplikasi yang sangat bagus. Kami tidak memiliki hal seperti ini di luar China,” kata dia, seperti dilansir dari Gizchina, Selasa (17/10/2023).

Pada Agustus tahun ini, CEO X, Linda Yaccarino memperkirakan bahwa X akan meluncurkan fungsi panggilan audio dan video. Dia menambahkan, Musk percaya pada integrasi vertikal, dan Twitter akan menjadi contoh bagus dari integrasi vertikal.

Apa itu Komunitas Twitter?

Komunitas Twitter adalah fitur yang memungkinkan pengguna membuat dan bergabung dengan grup berdasarkan minat mereka. Grup-grup ini dikelola oleh administrator komunitas dan moderator yang memiliki peraturan komunitas dan menjaga percakapan tetap informatif, relevan, dan menyenangkan sesuai hobi yang sama.

1.Fitur baru ini memiliki beberapa manfaat bagi admin komunitas. Berikut beberapa di antaranya:

Memastikan bahwa anggota baru cocok untuk komunitas: Dengan meminta orang baru menjawab pertanyaan sebelum bergabung dengan grup, administrator komunitas dapat memastikan bahwa anggota baru memiliki minat dan nilai yang sama dengan anggota lama. 

 

2.Mengurangi spam dan troll: Dengan mewajibkan pertanyaan, administrator komunitas dapat mengurangi jumlah akun spam dan troll yang bergabung dalam grup. 

 

3.Pertanyaan yang dapat disesuaikan: Administrator komunitas dapat menyesuaikan pertanyaan agar sesuai dengan kebutuhan komunitas. 

 

Lantas, bagaimana cara membuat Komunitas Twitter?

1. Buka aplikasi atau situs web Twitter dan klik tab “Komunitas”.

2. Klik tombol “Buat Komunitas”.

3. Pilih nama komunitas Anda dan tambahkan deskripsi.

4. Pilih jenis komunitas yang ingin Anda buat (publik atau swasta).

5. Pilih pengaturan keanggotaan (publik atau privat).

6. Mengundang anggota untuk bergabung dengan komunitas.

 

Pro dan Kontra Fitur Komunitas Baru

Kelebihan:

– Memastikan anggota baru bermanfaat bagi masyarakat

– Mengurangi spam dan trolls

– Pertanyaan yang dapat disesuaikan

 

Kontra:

– Dapat mengizinkan grup yang mematuhi persyaratan dan kebijakan X dengan mencegah orang-orang yang mungkin menandai atau melaporkan konten grup

– Dapat menciptakan status yang lebih eksklusif bagi beberapa komunitas. Artinya hanya beberapa orang yang akan memiliki akses, karena admin mempertimbangkan tanggapan mereka untuk menentukan kelayakannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement