Selasa 24 Oct 2023 08:45 WIB

KASN: Kegiatan Birokrasi Berpotensi Jadi Sasaran Korupsi di Pemilu

Ketua KASN sebut kegiatan birokrasi berpotensi menjadi sasaran korupsi di Pemilu 2024

Rep: Febryan A/ Red: Bilal Ramadhan
Ilustrasi ASN. Ketua KASN sebut kegiatan birokrasi berpotensi menjadi sasaran korupsi di Pemilu 2024
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ilustrasi ASN. Ketua KASN sebut kegiatan birokrasi berpotensi menjadi sasaran korupsi di Pemilu 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto mengungkapkan, ASN rentan terlibat praktik korupsi menjelang tahun politik. Menurut Agus, hal tersebut berangkat dari kondisi para kontestan politik yang memerlukan amunisi dana akibat biaya politik tinggi.

"Dalam catatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sejumlah kegiatan birokrasi berpotensi menjadi sasaran korupsi,” ungkap Agus dikutip dari laman KASN, Selasa (24/10/2023).

Baca Juga

Kegiatan birokrasi yang berpotensi menjadi sasaran korupsi itu, pertama praktik suap dalam pengisian jabatan ASN, baik jabatan pimpinan tinggi, administrator, dan pengawas. Kedua, kegiatan pengadaan barang dan jasa. Ketiga, kebijakan anggaran, baik dalam tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan dan keempat, penerbitan perizinan.

Agus menerangkan, para kontestan politik tentunya tidak dapat mengeksekusi langsung berbagai peluang korupsi tersebut. Mereka, kata dia, akan berkolusi bersama oknum ASN pemilik otoritas pengelolaan sumber daya anggaran, sumber daya manusia, dan aset, yang bersedia menggadaikan integritas.