Jumat 03 Nov 2023 11:41 WIB

Empat WNI Telah Dievakuasi dari Gaza

Tim KBRI Kairo telah menjemput para WNI itu di perbatasan Rafah.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi mengatakan, empat warga negara Indonesia (WNI) dan satu istri WNI telah berhasil dievakuasi dari Gaza
Foto: EPA-EFE/STRINGER
Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi mengatakan, empat warga negara Indonesia (WNI) dan satu istri WNI telah berhasil dievakuasi dari Gaza

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, mengatakan empat warga negara Indonesia (WNI) dan satu istri WNI telah berhasil dievakuasi dari Gaza pada 2 November 2023 sekitar pukul 19.00 waktu Mesir. Tim KBRI Kairo telah menjemput para WNI itu di perbatasan Rafah.

"Tim KBRI saat ini sudah bersama dengan WNI. Pada pukul 04.00 dini hari tadi, saya berkomunikasi dengan Tim KBRI Kairo dan memperoleh informasi bahwa WNI dan tim Kairo dalam perjalanan ke Kairo. Diperkirakan mereka tiba di Kairo pukul 03.00 dini hari waktu Kairo," ujar Retno, dalam press briefing, Jumat (3/11/2023).

Baca Juga

Retno mengatakan, WNI dan tim KBRI Kairo sudah tiba di Kairo dengan selamat. Retno menjelaskan, perjalanan evakuasi WNI ini tidak mudah. Pada 1 November 2023, mereka sudah berusaha menuju Rafah namun harus kembali karena situasi tidak kondusif. Di sepanjang perjalanan telah terjadi sejumlah serangan secara intensif.  Oleh karena itu, para WNI kembali ke rumah meraka di Gaza Utara.

Evakuasi kedua dilakukan pada 2 November 2023 saat pagi hari. Namun proses evakuasi kembali gagal karena situasi yang tidak memungkinkan. Retno mengatakan, keselamatan WNI adalah prioritas pemerintah.