Rabu 08 Nov 2023 10:25 WIB

10 Kota Paling Ramah Lingkungan di Dunia, Bisa Jadi Tujuan Wisata

Kota-kota ramah lingkungan di dunia mayoritas berada di Eropa.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Suasana kota Gothenberg, Swedia.
Foto: www.freepik.com
Suasana kota Gothenberg, Swedia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Destinasi yang memprioritaskan keberlanjutan mulai dilirik para wisatawan di seluruh dunia. Global Destination Sustainability Movement telah memberi peringkat kota-kota ramah lingkungan terbaik di dunia setiap tahunnya. Peringkat ini bertujuan menyoroti kota-kota yang lebih ramah lingkungan untuk dikunjungi oleh para pelancong.

Destinasi dievaluasi dalam empat bidang utama yaitu kinerja lingkungan, yang mencakup kebijakan kota untuk hal-hal seperti transportasi umum, emisi karbon, dan sumber energi terbarukan; kinerja sosial, yang mencakup faktor-faktor seperti kesehatan dan kebugaran; manajemen destinasi; dan keberlanjutan pemasok di seluruh industri pariwisata, seperti bandara, hotel, dan restoran di kota tersebut.

Baca Juga

"Upaya setiap destinasi yang melibatkan rencana aksi iklim, edukasi, pelibatan masyarakat, inisiatif keberagaman, dan pengukuran menciptakan efek riak, yang menginspirasi tindakan positif lebih lanjut di komunitas lokal mereka dan di seluruh dunia," demikian laporan GDSM, seperti dilansir CNTraveler, Rabu (8/11/2023).

Dari daftar yang dirilis GDSM pada tahun 2023, kota ramah lingkungan terbaik mayoritas berada di kawasan Eropa. Untuk lebih jelasnya, berikut daftar kota ramah lingkungan yang masuk dalam 10 terbaik menurut penilaian GDSM.