Sabtu 18 Nov 2023 12:56 WIB

Pentas Seni Kolaborasi Petani Garam Hasilkan Lukisan Raksasa

Pembuatan lukisannya dilakukan dengan cara menaburkan garam di atas lahan tambak.

Red: Friska Yolandha
Petani dan seniman menaburkan garam untuk dibuat lukisan raksasa.
Foto: Antara
Petani dan seniman menaburkan garam untuk dibuat lukisan raksasa.

REPUBLIKA.CO.ID, REMBANG -- Warga Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, menggelar pertunjukan seni bertajuk "Bancaan Rupa" yang menghasilkan lukisan berukuran raksasa menggunakan garam sebagai bahan lukis di atas tambak. Ini merupakan hasil kolaborasi antara seniman dengan petani garam di lokasi setempat.

"Lukisan berukuran 21x33 meter tersebut tentunya akan menjadi lukisan garam di atas tambak yang pertama dan terbesar di dunia," kata Kepala Desa Dasun Sujarwo melalui rilis di Rembang, Sabtu (18/11/2023).

Baca Juga

Ia mengakui sangat antusias sejak awal mendengar rencana Eggy Yunaedi seorang perupa asli Rembang yang ingin membuat sebuah lukisan garam raksasa di tambak gede Desa Dasun yang kebetulan juga bengkok kepala desa. Terlebih, kata dia, seniman tersebut memberikan gagasan bahwa karya tersebut nantinya merupakan karya bersama, sebuah kolaborasi antara perupa dan pemulia garam Desa Dasun dengan semangat relawan.

"Kami masyarakat Desa Dasun selama hidup tidak pernah lepas dengan tambak maupun garam. Tiga perempat wilayah Desa Dasun adalah tambak sehingga menjadi urat nadi kehidupan masyarakat. Sekarang ini pada musim kemarau Tambak Dasun digunakan untuk membuat garam, sedangkan musim hujan digunakan untuk budidaya ikan bandeng," ujarnya.