Kamis 07 Dec 2023 16:57 WIB

Iran Desak Mesir Agar Buka Pintu Perbatasan Rafah tanpa Syarat

Sangat diharapkan otoritas tertinggi di Mesir akan membuka pintu perbatasan Rafah.

Red: Esthi Maharani
Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian pada Rabu (6/12/2023) menyeru pembukaan tanpa syarat pintu perbatasan Rafah
Foto: AP Photo/Hatem Ali
Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian pada Rabu (6/12/2023) menyeru pembukaan tanpa syarat pintu perbatasan Rafah

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian pada Rabu (6/12/2023) menyeru pembukaan tanpa syarat pintu perbatasan Rafah, yang membatasi Mesir dan Gaza selatan, demi kepentingan penduduk di Jalur Gaza.

“Sangat diharapkan otoritas tertinggi di Mesir akan membuka pintu perbatasan Rafah tanpa syarat untuk mengirimkan obat-obatan, makanan, dan bahan bakar ke seluruh Jalur Gaza,” kata Amir-Abdollahian pada media sosial X.

Baca Juga

“Saat ini, mata perempuan dan anak-anak Gaza tertuju pada gerbang Rafah, dan mereka kekurangan air, obat-obatan, atau makanan, dan mereka sedang menunggu keputusan pasti Mesir dalam hal ini,” tulisnya.

Sedikitnya 16.248 warga Palestina meninggal dunia dan lebih dari 43.616 lainnya luka-luka dalam serangan udara dan darat tiada henti yang dilancarkan Israel di wilayah kantong tersebut sejak 7 Oktober 2023.

Sementara itu, korban jiwa serangan Hamas di Israel mencapai 1.200 orang.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِلٰى مَدْيَنَ اَخَاهُمْ شُعَيْبًاۗ قَالَ يٰقَوْمِ اعْبُدُوا اللّٰهَ مَا لَكُمْ مِّنْ اِلٰهٍ غَيْرُهٗۗ قَدْ جَاۤءَتْكُمْ بَيِّنَةٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ فَاَوْفُوا الْكَيْلَ وَالْمِيْزَانَ وَلَا تَبْخَسُوا النَّاسَ اَشْيَاۤءَهُمْ وَلَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِ بَعْدَ اِصْلَاحِهَاۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَۚ
Dan kepada penduduk Madyan, Kami (utus) Syuaib, saudara mereka sendiri. Dia berkata, “Wahai kaumku! Sembahlah Allah. Tidak ada tuhan (sembahan) bagimu selain Dia. Sesungguhnya telah datang kepadamu bukti yang nyata dari Tuhanmu. Sempurnakanlah takaran dan timbangan, dan jangan kamu merugikan orang sedikit pun. Janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Itulah yang lebih baik bagimu jika kamu orang beriman.”

(QS. Al-A'raf ayat 85)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement