Senin 11 Dec 2023 15:12 WIB

Zara Dikecam, Pesan Lama Kepala Desainer ke Model Palestina Terkuak Kembali

Kepala desainer wanita Zara pernah mengirim pesan negatif kepada model Palestina.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Kampanye iklan terbaru Zara yang dikecam publik. Kepala desainer Zara disebut pernah mengirim  pesan negatif kepada model Palestina.
Foto: Dok Intstagram/Zara
Kampanye iklan terbaru Zara yang dikecam publik. Kepala desainer Zara disebut pernah mengirim pesan negatif kepada model Palestina.

REPUBLIKA.CO,ID, JAKARTA -- Zara telah dihujat dan dikecam publik sebagai buntut dari kontroversi produk barunya yang diduga menyinggung genosida di Palestina. Suara-suara bermunculan yang menyerukan untuk memboikot jenama mode tersebut.

Kini, permasalahan lain muncul, yang melibatkan salah satu pimpinan Zara. Dikutip dari laman Sportskeeda, Senin (11/12/2023), kepala desainer wanita Zara, Vanessa Perilman, mendapat kecaman dari khalayak karena pesan lama yang kembali disorot publik. Pesan tersebut dikirimkan Perilman kepada model pria asal Palestina bernama Qaher Harhash pada tahun 2021.  

Baca Juga

Harhash diketahui aktif menyampaikan dukungan untuk tanah airnya melalui postingan dan Instagram Story. Pada 9 Juni 2021, Perilman menanggapi salah satu unggahan Harhash dengan sentimen yang sangat menghasut. "Mungkin jika masyarakat Anda berpendidikan, maka mereka tidak akan meledakkan rumah sakit dan sekolah yang didanai Israel di Gaza," tulis Perilman. 

Tidak sampai di situ saja, Perilman juga mengatakan anggapan salah soal profesi Harhash. "Saya pikir lucu bahwa Anda memilih menjadi model karena pada kenyataannya hal itu bertentangan dengan apa yang diyakini agama Islam dan jika Anda ada di negara Muslim mana pun, Anda akan dilempari batu sampai mati," ujar Perilman.