Senin 11 Dec 2023 22:36 WIB

Ini Alasan Zlatan Ibrahimovic Kembali Gabung ke AC Milan

Ibrahimovic mengakhiri karier bermainnya di AC Milan pada akhir musim lalu.

Red: Endro Yuwanto
Mantan striker AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, yang memutuskan pensiun pada akhir musim 2022/2023.
Foto: AP Photo/Antonio Calanni
Mantan striker AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, yang memutuskan pensiun pada akhir musim 2022/2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Zlatan Ibrahimovic kembali ke AC Milan sebagai penasihat manajemen klub Liga Italia tersebut. Hal itu dikonfirmasi oleh pemilik klub, RedBird Capital Partners, melalui akun media sosialnya, Senin (11/12/2023).

Dalam pernyataan yang dirilis di laman resmi klub, perusahaan investasi Amerika Serikat (AS) RedBird mengatakan bahwa mantan penyerang timnas Swedia tersebut akan bertindak sebagai penasihat senior untuk pemilik AC Milan dan manajemen senior.

Baca Juga

Ibrahimovic juga telah dipekerjakan sebagai mitra operasi untuk portofolio investasi olahraga dan media dan hiburan RedBird.

RedBird menyatakan, tanggung jawab Ibrahimovic di Milan akan mencakup pengembangan pemain dan pelatihan berkinerja tinggi, memajukan jenama global AC Milan, dan kepentingan komersial, serta mendukung proyek-proyek khusus yang memiliki kepentingan strategis, termasuk stadion baru klub.

Di dalam RedBird, Ibrahimovic akan membantu mencari dan mengevaluasi peluang investasi baru untuk perusahaan, dan akan memberi masukan kepada perusahaan-perusahaan portofolio RedBird mengenai proyek-proyek komersial, strategi konten digital, dan inisiatif pembangunan merek strategis.

Ibrahimovic mengakhiri karier bermainnya pada akhir musim lalu. Pada musim terakhirnya sebagai pesepak bola aktif tersebut, ia diganggu sejumlah masalah cedera dan hanya menyumbang satu gol untuk Milan. Gol itu dicetak Ibrahimovic saat Milan kalah 1-3 dari Udinese pada Maret 2023, dan membuatnya menjadi pencetak gol tertua sepanjang sejarah Liga Italia.

Ibrahimovic merupakan tokoh kunci dalam kebangkitan Milan ke puncak sepak bola Italia, setelah kembali ke sana pada 2019. Ia berperan besar membantu Milan keluar dari keterpurukan dan akhirnya menjuarai Liga Italia pada 2022.

Ibrahimovic juga merupakan sosok kunci saat Rosonnerri meraih gelar juara Liga Italia 11 tahun sebelumnya, yang diikuti oleh periode stagnasi dan masalah keuangan sebelum mendapatkan penyegaran di bawah pelatih saat ini Stefano Pioli.

Selama kariernya, Ibrahimovic pernah memenangi gelar liga di Belanda, Italia, Spanyol, dan Prancis. Meski demikian, satu-satunya trofi level Eropa yang dimilikinya adalah Liga Europa 2017, yang dimenanginya saat berseragam Manchester United.

Ibrahimovic kembali bergabung dengan Milan ketika tim itu tertinggal sembilan poin dari pemuncak klasemen Serie A, Inter Milan, dan menghadapi kemungkinan tersingkir dari fase grup Liga Champions.

Klasemen Serie A Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement