Selasa 12 Dec 2023 16:32 WIB

Harga Cabai di Malang Bertahan Tinggi, Pedagang Ikut Merugi

Kondisi ini menyebabkan pedagang tidak berani membeli banyak dari kulakan.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Pedagang memilah cabai rawit di pasar (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pedagang memilah cabai rawit di pasar (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Harga sejumlah komoditas di Pasar Oro-Oro Dowo, Kota Malang, masih tinggi hingga Selasa (12/12/2023). Terutama pada jenis cabai merah keriting dan cabai rawit yang belum menunjukkan penurunan.

Pedagang sayur-mayur di Pasar Oro-Oro Dowo, Kota Malang, Mistianah mengatakan, harga cabai merah keriting dan cabai rawit masih belum mengalami perubahan. Khusus cabai merah keriting, dia harus membeli sekitar Rp 80 ribu per kilogram (kg) dari kulakan.

"Kalau harga jualnya sekitar Rp 90 ribu sampai Rp 100 ribu," kaya Mistianah saat ditemui Republika, Selasa (12/12/2023). Sementara itu, harga cabai rawit yang dijualnya masih berkisar Rp 95 ribu per kg.

Kondisi ini menyebabkan Mistianah tidak berani membeli banyak dari kulakan. Ia hanya berani mengambil sekitar masing-masing 500 gram cabai merah dan cabai rawit.

Saat harga biasa, Mistianah biasanya berani membeli cabai dari kulakan sekitar dua sampai tiga kg. "Tapi sekarang cuma setengah kilogram, itu pun kalau habis. Kalau tidak habis, ya jadi busuk," ungkapnya.

Menurut Mistianah, harga naik menyebabkan pembeli tidak berani mengambil banyak di tempatnya. Oleh karena itu, stok cabai di tempatnya sulit terjual habis dalam waktu cepat. Kondisi ini pun turut mempengaruhi pendapatannya sehari-hari.

Tidak hanya cabai, harga tomat kecil pun masih tinggi. Ia biasanya membeli tomat di kulakan sekitar Rp 6.000 sampai Rp 7.000 per kg. Namun selama sepekan ini, dia harus membeli sekitar Rp 12 ribu per kg untuk kemudian dijual Rp 13 ribu hingga Rp 15 ribu.

Harga jahe juga diketahui masih mahal selama beberapa bulan terakhir. "Sekarang, 30 ribu per kg. Dulu belinya Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribu per kg. Ini harga naik sudah lama karena tidak ada hujan," kata dia menambahkan.

Berdasarkan data https://siskaperbapo.jatimprov.go.id/harga/tabel per 12 Desember 2023, harga cabai merah keriting naik dari Rp 80.833 menjadi Rp 82 ribu per kg.

Kemudian harga cabai merah besar dari Rp 81.667 menjadi Rp 82 ribu. Adapun harga cabai rawit melonjak dari Rp 86.667 menjadi Rp 87.833 per kg.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement