Kamis 21 Dec 2023 21:42 WIB

Chef Haryo Pramoe Meninggal Dunia, akan Dimakamkan di TPU Cipenjo Cileungsi

Chef Haryo Pramoe sebelumnya pernah mengalami pecah pembuluh darah besar aorta.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Chef Haryo Pramoe. Chef Haryo meninggal dunia pada Kamis (21/12/2023).
Foto: Dok. Youtube/Chef Haryo Pramoe
Chef Haryo Pramoe. Chef Haryo meninggal dunia pada Kamis (21/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Praktisi kuliner Indonesia, Chef Haryo Pramoe, dikabarkan meninggal dunia pada Kamis (21/12/2023). Kabar duka mengenai berpulangnya penggagas Indonesia Food Channel itu juga disampaikan oleh sejumlah figur publik.

Salah satunya adalah aktor Gary Iskak yang membuat unggahan di akun Instagram @iskak_gary. "Innalilahi wainalillaihi rojiun, turut berduka cita sedalam-dalamnya. Till we meet again in jannah, brother," kata Gary, membagikan foto almarhum Chef Haryo.

Baca Juga

Aktor Ferry Maryadi juga menyampaikan ucapan belasungkawa. Dia membagikan Instagram Story di akun @kangferrymaryadi. "Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Sampai ketemu lagi, Haryo Pramoe," tulisnya.

Begitu juga aktor dan aktivis pendidikan Dik Doank. Dia membagikan foto kebersamaan bersama Chef Haryo. "Innalillahi, selamat jalan, Yo. Semoga ditempatkan di pangkuan-Nya. Al Fatihah," ujar Dik Doank lewat akun Instagram @dikdoank_official.

Chef Haryo lahir pada 8 Maret 1975 dan wafat dalam usia 48 tahun. Dari informasi yang tersebar, rumah duka berlokasi di RS Meilia Cibubur dan jenazah akan dimakamkan di TPU Cipenjo, Cileungsi.

Lewat kanal YouTube-nya, Chef Haryo Pramoe menyebut dirinya sebagai seorang chef yang kini berusaha menjadi manusia yang lebih baik. Melalui kanal YouTube-nya, dia banyak membuat konten bersama sosok dari beragam profesi. Dia membagikan resep masakan halal, konten memasak Rockerz, serta konten "Chef Haryo Bertanya".

Beberapa tahun lalu, pada 2019 Chef Haryo dikabarkan mengidap penyakit jantung. Kondisi itu menyebabkan pembuluh darah besar aorta Chef Haryo pecah di dalam tubuh dan pada akhirnya dia menjalani operasi.

Chef Haryo Pramoe merupakan cucu dari menteri perekonomian di era pemerintahan Presiden Soekarno, Sunangan SH, yang juga termasuk salah satu pendiri kantor berita Antara. Nama sang chef dikenal publik sejak membawakan acara memasak di televisi. 

Beberapa program yang dipandu Chef Haryo termasuk "Masak Musikal", "Harmoni Alam", "Menu dan Venue", "Foodtastic", "Icip Icip", "Seleb Masak", "Dapur Muslim", serta "Sendok Garpu". Sebelum aktif di industri hiburan, dia mempelajari beragam makanan dengan berkeliling Amerika Serikat dan Eropa, tapi lebih memilih berkarier di Indonesia dan fokus pada kuliner Tanah Air.

Dalam sebuah acara bincang santai di YouTube, Chef Haryo menceritakan ada periode waktu ketika dia terpuruk, di mana rumah tangganya diterpa masalah, dan dia banyak kehilangan pekerjaan. Selama masa itu, dia juga jarang muncul di televisi. Pascaperiode tersebut, Chef Haryo memutuskan berhijrah lalu kerap muncul di berbagai kanal YouTube. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement