Senin 25 Dec 2023 08:45 WIB

Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Buka 11 Rute di Libur Akhir Tahun

Momentum Nataru merupakan salah satu puncak keramaian di sektor penerbangan.

Red: Fuji Pratiwi
Seorang calon penumpang pesawat bersantai di area ruang tunggu Bandara Internasional Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Ahad (24/4/2022).
Foto: ANTARA/Bayu Pratama S
Seorang calon penumpang pesawat bersantai di area ruang tunggu Bandara Internasional Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Ahad (24/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARBARU -- Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Kalimantan Selatan membuka 11 rute penerbangan di momen libur akhir tahun yang diprediksi terjadi lonjakan jumlah penumpang cukup signifikan.

"Jadi selain kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Balikpapan, Yogyakarta, Semarang, Bali dan Kertajati, kami juga melayani penerbangan wilayah Kalimantan yakni ke Batulicin, Muara Teweh, Kuala Pambuang dan Kotabaru," kata General Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor Dony Subardono di Banjarbaru, kemarin.

Baca Juga

Dony mengatakan momentum Natal dan tahun baru merupakan salah satu puncak keramaian di dunia penerbangan yang memerlukan perhatian khusus.

Apalagi dalam periode ini diprediksi akan terjadi peningkatan aktivitas penerbangan hingga 19 persen dibandingkan periode sebelumnya dengan 1.344 penerbangan. "Puncak pergerakan penumpang per harinya diprediksi mencapai 10.231 penumpang saat libur akhir tahun ini," kata Dony.

Berbagai persiapan jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dilakukan oleh Manajemen Angkasa Pura I untuk mewujudkan pelayanan terbaik kepada para pengguna jasa. Mulai kesiapan fasilitas kebandarudaraan, kesiapan personel operasional, hingga antisipasi keselamatan dan keadaan darurat.

Pada periode ini, manajemen Angkasa Pura I juga bersiap dengan potensi peningkatan arus penumpang dengan melakukan rencana darurat untuk mengantisipasi permasalahan atau kondisi yang tidak normal. "Untuk mewujudkan keamanan dan kelancaran lalu lintas perjalanan udara kami dirikan Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 hingga 3 Januari 2024," ujarnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement