Kamis 28 Dec 2023 10:45 WIB

Wapres Ma'ruf tak akan Endorse Capres Tertentu

Sesuai perintah agama, ia hanya mengimbau umat memilih pemimpin yang terbaik.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Fuji Pratiwi
Wapres RI, KH Maruf Amin
Foto: Setwapres RI
Wapres RI, KH Maruf Amin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menegaskan sikapnya yang netral dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 kali ini. Menurutnya, sikap netral ia lakukan sebagai Wakil Presiden. Namun, sebagai pribadi dan warga negara yang memiliki hak pilih, ia akan menentukan pilihannya nanti di TPS.

"Saya menyebutnya kalau bahasa kiai itu namanya amrun syakhshiyun qolbiyun, itu persoalan hati dan personal. Karena itu saya tuangkan untuk di publik, saya bersikap netral. Saya tidak akan menunjukkan //endorsment kepada calon tertentu," kata Wapres dikutip dari siaran pers BPMI Setwapres, Kamis (28/12/2023).

Baca Juga

Wapres melanjutkan, sesuai perintah agama, ia hanya akan mengimbau umat untuk memilih para calon pemimpin yang terbaik. "[Sebab] kalau memilih yang tidak afdhal [padahal] ada yang afdhal, dalam agama disebut berkhianat kepada Allah, kepada Rasul, dan kepada masyarakat," ujarnya. 

Kiai Ma'ruf pun membeberkan kriteria pemimpin yang afdhal tersebut yakni mengacu pada kriteria-kriteria umum yang berlaku dalam masyarakat. Lantas bagaiamana dengan tiga pasangan Capres dan Cawapres yang berkontestasi pada Pilpres 2024, Wapres menyebutkan ketiganya secara formal telah memenuhi syarat. Sehingga masyarakat tinggal membandingkan kriteria materialnya untuk menentukan yang terbaik. 

"Secara umum kalau sudah lolos verifikasi, sudah jadi calon, ya tentu memenuhi syarat secara formal. Kalau secara material tentu lain lagi. Tapi secara formal sudah terpenuhi, karena itu dia lolos. Tinggal memilih di antara yang sudah baik, secara formal lolos itu, di antara yang terbaik," ujarnya.

Kemudian, saat ditanya apakah akan mengarahkan sanak keluarganya untuk memilih calon tertentu, Wapres dengan tegas membebaskan anggota keluarganya, termasuk putra-putrinya untuk memilih Capres-Cawapres sesuai dengan kriterianya masing-masing. "Saya persilahkan kepada anak-anak mau memilih ke mana. Mereka sudah punya ukuran-ukuran sendiri," ujarnya.

 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَلَقَدْ اَخَذَ اللّٰهُ مِيْثَاقَ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَۚ وَبَعَثْنَا مِنْهُمُ اثْنَيْ عَشَرَ نَقِيْبًاۗ وَقَالَ اللّٰهُ اِنِّيْ مَعَكُمْ ۗ لَىِٕنْ اَقَمْتُمُ الصَّلٰوةَ وَاٰتَيْتُمُ الزَّكٰوةَ وَاٰمَنْتُمْ بِرُسُلِيْ وَعَزَّرْتُمُوْهُمْ وَاَقْرَضْتُمُ اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا لَّاُكَفِّرَنَّ عَنْكُمْ سَيِّاٰتِكُمْ وَلَاُدْخِلَنَّكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۚ فَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذٰلِكَ مِنْكُمْ فَقَدْ ضَلَّ سَوَاۤءَ السَّبِيْلِ
Dan sungguh, Allah telah mengambil perjanjian dari Bani Israil dan Kami telah mengangkat dua belas orang pemimpin di antara mereka. Dan Allah berfirman, “Aku bersamamu.” Sungguh, jika kamu melaksanakan salat dan menunaikan zakat serta beriman kepada rasul-rasul-Ku dan kamu bantu mereka dan kamu pinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, pasti akan Aku hapus kesalahan-kesalahanmu, dan pasti akan Aku masukkan ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Tetapi barangsiapa kafir di antaramu setelah itu, maka sesungguhnya dia telah tersesat dari jalan yang lurus.”

(QS. Al-Ma'idah ayat 12)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement