Kamis 28 Dec 2023 21:23 WIB

20 Bencana Iklim yang Paling Merugikan di 2023

Bencana iklim paling merugikan di dunia sebagian besar dialami negara miskin.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Bencana iklim paling merugikan banyak terjadi di 2023.
Foto: tv parlemen
Bencana iklim paling merugikan banyak terjadi di 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah laporan terbaru dari lembaga amal internasional, Christian Aid, mengungkap bahwa bencana iklim yang paling merugikan di dunia pada tahun 2023 sebagian besar melanda negara-negara miskin. Menurut laporan itu, bencana banjir dan kebakaran hutan memiliki dampak ekonomi yang lebih besar di kawasan yang memiliki rumah kurang tahan banting serta memiliki keterbatasan dana untuk membangunnya kembali.

Kepala Eksekutif Christian Aid, Patrick Watt, melabeli kondisi ini sebagai ‘global postcode lottery’ yang secara tidak adil dibebankan terhadap orang miskin. Istilah postcode lottery sendiri merujuk pada ketidakmerataan layanan termasuk kesehatan, pendidikan, asuransi, dan lain-lain tergantung pada wilayah atau kode pos. Kode pos dapat secara langsung memengaruhi keterjangkauan layanan yang dapat diperoleh suatu wilayah.

Baca Juga

Menurut Watt, masyarakat di negara-negara miskin sering kali tidak siap menghadapi bencana terkait iklim. Mereka juga hanya memiliki sedikit sumber daya untuk kembali bangkit.

“Akibatnya, lebih banyak orang meninggal, dan pemulihan menjadi lebih lambat dan tidak merata. Karena itu, kami menyerukan kepada para pemimpin dunia untuk berkomitmen lebih besar terhadap pendanaan iklim dan meningkatkan investasi dalam peringatan dini dan tindakan dini," kata Watt seperti dilansir Euro News, Kamis (28/12/2023).