Rabu 03 Jan 2024 20:15 WIB

BMKG Ungkap Penyebab Gempa Magnitudo 5,9 di Banten

Gempa di selatan Jawa Barat dipicu deformasi batuan dalam Lempeng Indo-Australia.

Red: Karta Raharja Ucu
Peristiwa gempa bumi dengan magnitudo 5,5 yang berpusat di Bayah Banten pada Ahad (9/10/2022) berdampak pada sebanyak lima unit rumah di Kabupaten Sukabumi. Hal ini didasarkan data dari Pusdalops Badan Penanggulangan Bencama Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi.
Foto: istimewa
Peristiwa gempa bumi dengan magnitudo 5,5 yang berpusat di Bayah Banten pada Ahad (9/10/2022) berdampak pada sebanyak lima unit rumah di Kabupaten Sukabumi. Hal ini didasarkan data dari Pusdalops Badan Penanggulangan Bencama Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan gempa berkekuatan magnitudo 5,9 yang terjadi di selatan Jawa Barat dipicu deformasi batuan dalam Lempeng Indo-Australia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser-naik (oblique thrust).

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman menengah akibat adanya deformasi batuan dalam Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi ke bawah Lempeng Eurasia," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono di Jakarta, Rabu (3/1/2024).

Baca Juga

Ia mengemukakan gempa yang terjadi pada pukul 07.53 WIB, memiliki parameter update dengan magnitudo M5,7. Episenter gempa berpusat pada koordinat 7,57 lintang selatan dan 106,17 bujur timur, tepatnya berlokasi di laut pada jarak 77 Km arah barat daya Sukabumi, Jawa Barat, pada kedalaman 63 km.

Ia memaparkan gempa bumi itu berdampak dan dirasakan di daerah Surade, Sukabumi dengan skala intensitas IV MMI (modified mercally intensity), artinya bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah. Gempa juga dirasakan di daerah Pelabuhan Ratu, Cianjur, Panggarangan, Lebak, Garut, dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Kemudian, daerah Lembang, Bandung Barat, Cimahi dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), serta Tangerang Selatan dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Selain itu, Daryono pun meminta masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa  ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement