Selasa 09 Jan 2024 06:49 WIB

Erick Thohir Makan Malam dengan Diaspora Marteen Paes

Marteen Paes adalah penjaga gawang klub FC Dallas di MLS.

Red: Israr Itah
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kiri) bersama Maarten Paes.
Foto: Instagram Erick Thohir
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kiri) bersama Maarten Paes.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menggelar pertemuan dengan pemain diaspora Marteen Paes. Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang merupakan diaspora yang ingin memperkuat tim nasional Indonesia.

Erick sudah memberi tahu awak media pada Senin (8/1/2024) sore bahwa ia akan makan malam bersama kiper utama FC Dallas tersebut. Mantan pemain FC Utrecht tersebut mempunyai darah Indonesia dari garis keturunan neneknya yang merupakan orang Maluku. 

Baca Juga

Erick mengungkapkan, Maarten telah meminta izin kepada nenek dan kedua orang tuanya untuk membela Indonesia. Keputusan yang diambil dari pemain berusia 25 tahun tersebut membuat terharu dan bangga karena akan memperkuat Merah Putih.

"Ketika dia (Maarten) ketemu nenek dan orang tuanya untuk pamitan memperkuat tim Indonesia, nangis (terharu) keluarganya. Jadi dia memutuskan untuk memperkuat (timnas Indonesia)," ungkap Erick kepada wartawan di sela penandatanganan kerja sama Garudayaksa dengan Aspire Academy di Gelora Bung Karno.

Maarten lahir di Nijmagen, Belanda pada 14 Mei 1998 dan saat ini tengah berkiprah di klub divisi pertama liga Amerika Serikat FC Dallas. Sebelumnya, Maarten pernah memperkuat NEC Nijmagen sebelum berseragam Jong Utrecht dan mendapatkan promosi ke tim utama. Selama memperkuat FC Utrecht, Maarten tercatat telah tampil sebanyak 44 kali di Liga Belanda.

Kini Maarten yang bermain untuk FC Dallas tampil cukup impresif dengan mencatatkan 66 kali penampilan dengan 16 kali nirbobol dan rerata 1,01 kebobolan per pertandingan. Maarten juga tercatat pernah memperkuat timnas Belanda di hampir semua kelompok usia mulai dari U-19, U-20 dan U-21.

"Setibanya di Jakarta kemarin, Maarten Paes langsung mengurus proses naturalisasi. Semoga semuanya berjalan lancar, sehingga Maarten bisa segera memperkuat timnas Indonesia," tulis Erick kemudian pada Senin malam sambil mengunggah fotonya saat makan malam dengan Maarten.

Selain Maarten, Erick mengisyaratkan akan memproses naturalisasi satu pemain diaspora lainnya, Thom Haye. Thom yang berposisi sebagai gelandang bertahan mempunyai darah keturunan Indonesia dari kakeknya yang berasal dari Solo dan neneknya yang berasal dari Pulau Sulawesi.

Pemain berusia 28 tahun tersebut tampil reguler bersama SC Heerenveen sejak bergabung pada Januari 2022. Pada musim ini, pemain jebolan akademi AZ Alkmaar tersebut telah mencatatkan 13 penampilan bersama SC Heerenveen di Liga Belanda. Thom sejauh ini telah mencetak dua gol dan satu assist.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement