Rabu 24 Jan 2024 19:05 WIB

Jessica Mila Jalani Mambosuri, Ini Sederet Suku Lain yang Punya Adat Tujuh Bulanan

Ada beberapa daerah yang memiliki tradisi tujuh bulanan kehamilan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Jessica Mila di sela acara Mambosuri atau tujuh bulanan dalam adat batak.
Foto: Tangkapan layar Instagram Jessica Mila
Jessica Mila di sela acara Mambosuri atau tujuh bulanan dalam adat batak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Jessica Mila menjalani prosesi Mambosuri, atau sebuah acara tujuh bulanan kehamilan pada adat Batak, baru-baru ini. Mambosuri merupakan suatu rangkaian acara syukuran, doa dari keluarga untuk kelancaran proses kelahiran anak nantinya. 

Jessica Mila tampak anggun dalam balutan kebaya warna peach dengan padu padan kain ulos. Jessica mengikuti prosesi Mambosuri tersebut bersama sang suami, Yakup Hasibuan berserta keluarga besarnya.

Baca Juga

Di Indonesia, bukan hanya adat Batak yang memiliki tradisi tujuh bulanan. Berikut deretan adat tujuh bulanan di Indonesia.

1. Mambosuri dari Batak

Mambosuri atau Mangirdak/Mangganje atau Manonggot merupakan salah satu dari serangkaian upacara adat pada Suku Batak Toba terhadap calon ibu yang usia kehamilannya sudah mencapai tujuh bulan. Upacara ini bertujuan memberikan semangat kepada wanita yang menikah yang hendak melahirkan. 

Prosesi ini biasanya berlaku juga bagi pasangan yang jika salah satunya bukan berasal dari Suku Batak, identik dengan makanan dan ulos. Meski demikian, bisa saha pria bermarga Naibaho menikah dengan Boru Tionghoa, atau sebaliknya, lelaki dari Suku Jawa yang menikahi Boru Sitanggang.

2. Mitoni dari Jawa

Upacara adat Mitoni dari suku Jawa ini biasa digelar saat waktu seorang wanita sudah kemasuki usia kehamilan tujuh bulan. Upacara ini bertujuan mendoakan untuk keselamatan calon bayi dan ibu-nya atau untuk yang bersifat menolak bala. Di-daerah tertentu, upacara ini juga diberi nama tingkeban.

Berdasarkan pengertianya orang Jawa, kehamilan umur tujuh bulan adalah proses penciptaan manusia yang sudah nyata dan sempurna. Rangkaiam acara ini bisa meliputi siraman, memasuk-kan telur ayam kampung dalam kain calon ibu oleh calon bapak, berganti pakaian, brojolan ( memasuk-kan kelapa gading muda), dan lainnya.

Kasambu dari....

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement