Senin 05 Feb 2024 17:29 WIB

Ratusan Butir Obat Terlarang Disita dari Toko Kosmetik di Tangerang

Jenis obat terlarang yang disita polisi yakni exsimer dan tramadol.

Red: Qommarria Rostanti
Obat terlarang (ilustrasi). Ratusan butir obat terlarang dari toko kosmetik disita petugas kepolisian Polsek Jatiuwung, Polres Metro Tangerang Kota.
Foto: www.pixabay.com
Obat terlarang (ilustrasi). Ratusan butir obat terlarang dari toko kosmetik disita petugas kepolisian Polsek Jatiuwung, Polres Metro Tangerang Kota.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Ratusan butir obat terlarang disita petugas kepolisian Polsek Jatiuwung, Polres Metro Tangerang Kota. Obat-obat tersebut disita dari sebuah toko kosmetik di Jalan Empu Gandring Raya Cibodas Baru Kota Tangerang Banten.

Kapolsek Jatiuwung Kompol Donni Bagus Wibisono mengatakan barang bukti yang disita diantaranya adalah 380 butir obat terlarang jenis exsimer, 60 butir jenis tramadol, dan uang tunai hasil penjualan Rp 1,6 juta. Kemudian kepolisian juga menangkap seorang penjual berinisial S alias Marko (19) yang bekerja di toko kosmetik tersebut setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas, karena terbukti menjual obat terlarang.

Baca Juga

"Kami lakukan penahanan karena pelaku melakukan praktik penjualan obat terlarang tanpa izin resmi dari instansi dinas kesehatan," kata Kompol Donni dalam keterangannya, Senin (5/2/2024).

Kompol Donni menambahkan pengungkapan kasus ini berawal dari adanya informasi masyarakat terkait adanya toko kosmetik yang menjual obat terlarang jenis exsimer dan tramadol. Kemudian kepolisian bergerak menuju lokasi dan memperoleh ratusan butir obat terlarang jenis exsimer dan tramadol siap edar.

Lalu, pelaku beserta barang bukti langsung diamankan di Kantor Polsek Jatiuwung. Pelaku dijerat dengan Pasal 196 juncto Pasal 98 ayat 2 subsider Pasal 197 juncto Pasal 106 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman hukuman penjara paling lama 15 tahun. Kompol Donni pun memastikan pihaknya akan merespons cepat informasi masyarakat bila mengetahui adanya tindak kejahatan maupun gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polsek Jatiuwung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement