Kamis 08 Feb 2024 22:05 WIB

Ssst... Ternyata Ini Rahasia Sehat Ala Warga Prancis

Warga Prancis banyak melakukan aktivitas fisik.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah pengunjung saat menikmati makan siang di teras restoran Chez Francis, Paris, Prancis.
Foto: AP
Sejumlah pengunjung saat menikmati makan siang di teras restoran Chez Francis, Paris, Prancis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warga Prancis terkenal memiliki pendekatan yang cukup baik dalam menjalani hidup, juga mencapai kesejahteraan fisik dan mental. Banyak orang menyoroti gaya hidup sehat masyarakat Prancis, khususnya Paris, dan pandangan mereka terhadap hidup seimbang.

Berdasarkan statistik, laju kehidupan yang lebih lambat dan sejumlah kebiasaan memang membuat warga Prancis lebih sehat dibandingkan penduduk negara lain di dunia. Tingkat obesitas di Prancis (17 persen) jauh lebih rendah dibandingkan di Inggris (26 persen), dan Amerika Serikat (36 persen).

Baca Juga

Belum lagi, ada istilah "The French Paradox" yang menyoroti Prancis memiliki tingkat kasus penyakit jantung terendah di Eropa. Jadi, siapa saja bisa belajar satu atau dua hal dari gaya hidup sehat warga Prancis sebagai berikut, dikutip dari laman Marie Claire, Kamis (8/2/2024).

Rahasia Sehat Warga Prancis

1. Makan makanan berkualitas dan padat gizi dengan pengolahan minimal

Hidangan Prancis kerap terbuat dari beragam buah-buahan segar dan musiman, sayuran, protein tanpa lemak, biji-bijian, serta produk susu. Warga Prancis gemar menyantap menu dari makanan berkualitas, padat gizi dengan pemrosesan minimal.

Pakar nutrisi Lauren Windas sekaligus salah satu pendiri Ardere, menjelaskan efek positifnya terhadap mikrobioma usus. "Semakin banyak variasi dan keragaman makanan, semakin banyak Anda memberi makan bakteri usus yang sehat dan akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pencernaan, dan pengaturan gula darah," kata Windas.

2. Banyak melakukan aktivitas fisik

Berjalan kaki, bersepeda, atau aktivitas di luar ruangan merupakan hal yang biasa dilakukan warga Prancis. Ahli gizi Uta Boellinger yang merupakan pendiri Canelle Nutrition, menyebutkan sudah banyak penelitian mengenai manfaat dari kebiasaan tersebut.

"Sedikit dan sering selalu lebih efektif daripada ledakan sporadis, dan memiliki dampak lebih besar pada kesehatan. Belum lagi, jenis aktivitas ini dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam rutinitas harian dan lebih mudah dipertahankan daripada resolusi tahun baru yang berlebihan," ujar Boellinger.

Makan dengan kesadaran...

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَاسْتَجَابَ لَهُمْ رَبُّهُمْ اَنِّيْ لَآ اُضِيْعُ عَمَلَ عَامِلٍ مِّنْكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ اَوْ اُنْثٰى ۚ بَعْضُكُمْ مِّنْۢ بَعْضٍ ۚ فَالَّذِيْنَ هَاجَرُوْا وَاُخْرِجُوْا مِنْ دِيَارِهِمْ وَاُوْذُوْا فِيْ سَبِيْلِيْ وَقٰتَلُوْا وَقُتِلُوْا لَاُكَفِّرَنَّ عَنْهُمْ سَيِّاٰتِهِمْ وَلَاُدْخِلَنَّهُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۚ ثَوَابًا مِّنْ عِنْدِ اللّٰهِ ۗ وَاللّٰهُ عِنْدَهٗ حُسْنُ الثَّوَابِ
Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (dengan berfirman), “Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki maupun perempuan, (karena) sebagian kamu adalah (keturunan) dari sebagian yang lain. Maka orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan-Ku, yang berperang dan yang terbunuh, pasti akan Aku hapus kesalahan mereka dan pasti Aku masukkan mereka ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, sebagai pahala dari Allah. Dan di sisi Allah ada pahala yang baik.”

(QS. Ali 'Imran ayat 195)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement