Selasa 13 Feb 2024 19:37 WIB

Kanker Rongga Mulut Dapat Menyebar ke Leher, Ketahui Gejala Awalnya

Sel kanker rongga mulut bisa tumbuh tak terkendali.

Red: Reiny Dwinanda
Pria menjulurkan lidahnya (ilustrasi). Periksakan rongga mulut sebulan sekali sebagai langkah deteksi dini kanker rongga mulut.
Foto: www.freepik.com.
Pria menjulurkan lidahnya (ilustrasi). Periksakan rongga mulut sebulan sekali sebagai langkah deteksi dini kanker rongga mulut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyakit kanker rongga mulut dapat menyebar ke bagian tubuh lain, utamanya leher. Masyarakat pun diserukan untuk mengenali gejala awalnya.

"Kanker rongga mulut seperti halnya kanker pada umumnya, dia bisa melakukan pertumbuhan yang tidak terkendali pada rongga mulut dan juga dia dapat melakukan penyebaran ke tempat-tempat lainnya, yaitu bisa ke kelenjar-kelenjar yang ada di dalam leher," kata dokter spesialis bedah onkologi I Gusti Ngurah Gunawan Wibisana dalam gelar wicara daring yang diikuti dari Jakarta, Selasa (13/2/2024).

Baca Juga

Dokter Gunawan menyebut, kanker rongga mulut bahkan bisa menyebar ke bagian tubuh lain yang jauh dari rongga mulut seperti paru-paru dan tulang. Ia mengatakan bahwa kanker pada rongga mulut mengganggu fungsi mulut untuk berbicara dan mengunyah makanan.

"Kanker tersebut juga bisa menyebabkan penurunan pada angka ketahanan hidup kalau sudah terjadi penyebaran ke tempat-tempat lain di luar rongga mulut," kata dokter yang berpraktik di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement