Rabu 21 Feb 2024 17:18 WIB

PBSI Belum Pastikan Masa Depan Pasangan Kevin/Marcus

PBSI akan menjalani komunikasi lebih lanjut dengan Kevin dan Marcus.

Red: Israr Itah
Marcus Fernaldi Gideon (depan) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo
Foto: EPA-EFE/Claus Fisker
Marcus Fernaldi Gideon (depan) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala pelatih ganda putra Pelatnas PBSI Aryono Miranat mengatakan pihaknya belum memastikan kelanjutan pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang masih berada di daftar pemain pelatnas.

Aryono mengatakan, ia dan tim akan melakukan komunikasi lebih lanjut kepada mantan ganda putra nomor satu dunia itu terkait komitmen keduanya bersama PBSI dan bulu tangkis.

Baca Juga

“Itu nanti saya pastinya akan tanyakan lagi ke Kevin/Marcus, apakah mereka masih terus bermain atau tidak. Soal kepastian, saya juga belum bisa memastikan. ‘Kamu cukup di sini atau masih terus main?’ Ini kan dari mereka (keputusannya),” ungkap Aryono, saat ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta, Rabu (21/2/2024).

“Jadi, ini (keputusan) masih 50:50, nanti saya akan pastikan lagi ke mereka,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Aryono mengatakan bahwa PBSI tetap memasukkan pasangan berjulukan Minions itu ke dalam daftar pemain pelatnas saat pengumuman nama-nama atlet yang dipromosikan dan didegradasi, beberapa waktu lalu.

“Kita kan kemarin ada promosi-degradasi, ya, kita masukkan dulu ke sini. Nanti mereka akan kasih kejelasan. Nanti saya akan komunikasi, ya, mungkin dalam waktu dekat ini,” kata Aryono.

Mengenai status mereka saat ini, pelatih mengatakan kedua pemain sedang dalam masa “libur latihan” dan “belum jelas kapan akan mulai latihan lagi”.

Kevin/Marcus absen berlatih dan bertanding bersama sejak sejak Januari hingga Maret 2024. Mereka pun tak kunjung didaftarkan turun bertanding di turnamen mana pun sejauh ini.

“Karena kita juga menghormati mereka. Mereka juga mungkin berpikir untuk ke depannya bagaimana, karena usia mereka, performa mereka saat ini. Apa akan terus atau tidak, kita juga tidak tahu,” kata Aryono.

“Mereka yang memutuskan apakah akan lanjut atau berhenti. Nanti akan saya tegaskan lagi bagaimana untuk posisi mereka,” ujarnya menambahkan.

Sependapat, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Ricky Soebagdja menantikan komitmen dari Kevin/Marcus terkait karier mereka di bulu tangkis di bawah payung Pelatnas PBSI.

“Ini akan kami bicarakan komitmennya, segera komunikasi. Bagaimana pun, mereka prestasinya luar biasa, tapi, itu kembali ke komitmen pemainnya sendiri. Nama mereka masih ada di SK (surat keputusan), harapannya sesegera mungkin bisa ketemu, dan kita lihat kondisinya seperti apa,” ujar Ricky.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يَسْـَٔلُوْنَكَ مَاذَآ اُحِلَّ لَهُمْۗ قُلْ اُحِلَّ لَكُمُ الطَّيِّبٰتُۙ وَمَا عَلَّمْتُمْ مِّنَ الْجَوَارِحِ مُكَلِّبِيْنَ تُعَلِّمُوْنَهُنَّ مِمَّا عَلَّمَكُمُ اللّٰهُ فَكُلُوْا مِمَّآ اَمْسَكْنَ عَلَيْكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلَيْهِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ سَرِيْعُ الْحِسَابِ
Mereka bertanya kepadamu (Muhammad), “Apakah yang dihalalkan bagi mereka?” Katakanlah, ”Yang dihalalkan bagimu (adalah makanan) yang baik-baik dan (buruan yang ditangkap) oleh binatang pemburu yang telah kamu latih untuk berburu, yang kamu latih menurut apa yang telah diajarkan Allah kepadamu. Maka makanlah apa yang ditangkapnya untukmu, dan sebutlah nama Allah (waktu melepasnya). Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat cepat perhitungan-Nya.”

(QS. Al-Ma'idah ayat 4)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement