Kamis 22 Feb 2024 19:59 WIB

BI: Nominal dan Volume Transaksi QRIS dengan Malaysia Naik

Transaksi QRIS inbound dengan Malaysia meningkat 10 persen.

Red: Fuji Pratiwi
Tangkapan layar Deputi Gubernur Bank Indonesia Filianingsih Hendarta dalam konferensi pers bulanan RDG BI Oktober 2023, Kamis (19/2/2023). 
Foto: Tangkapan Layar
Tangkapan layar Deputi Gubernur Bank Indonesia Filianingsih Hendarta dalam konferensi pers bulanan RDG BI Oktober 2023, Kamis (19/2/2023). 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendarta menyatakan, nominal dan volume transaksi inbound maupun outbound melalui QRIS dengan Malaysia meningkat pada Januari 2024 berkat sektor pariwisata.

"Berdasarkan volumenya, (inbound) meningkat 10 persen menjadi 73.300 (transaksi), sementara outbond, kita transaksi keluar ke Malaysia, itu juga meningkat menjadi 11.533 (transaksi)," ujar Filianingsih Hendarta di Jakarta, kemarin.

Baca Juga

Sementara itu, menurut volume transaksi, ia mencatat, total transaksi inbound dengan Malaysia mencapai Rp 20 miliar, sementara transaksi outbound berkisar Rp 2,9 miliar. "Memang kalau dari turisnya itu lebih banyak turis Indonesia yang berwisata ke Malaysia, tapi mereka belanjanya sedikit-sedikit. Justru turis Malaysia yang belanjanya banyak," kata Filianingsih.

Namun, transaksi dengan Thailand dan Singapura mengalami penurunan. Menurutnya, hal ini wajar mengingat musim liburan yang sudah berlalu pada Desember 2023.