Rabu 06 Mar 2024 21:40 WIB

Apa Jadinya Manusia Mengingkari Nikmat Allah SWT, Begini Penjelasan Alquran

Nikmat Allah SWT bisa hilang tanpa dirawat

Rep: Imas Damayanti / Red: Nashih Nashrullah
Berdoa (ilustrasi). Nikmat Allah SWT bisa hilang tanpa dirawat
Foto: Republika
Berdoa (ilustrasi). Nikmat Allah SWT bisa hilang tanpa dirawat

REPUBLIKA.CO.ID, AKARTA— Allah SWT kembali mengingatkan hamba-Nya untuk senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang telah dilimpahkan-Nya. Bila mereka melaksanakannya, maka nikmat itu akan ditambah lagi oleh-Nya. 

Sebaliknya, Allah SWT juga mengingatkan kepada mereka yang mengingkari nikmat-Nya, dan tidak mau bersyukur bahwa Dia akan menimpakan azab-Nya yang sangat pedih kepada mereka. Allah SWT berfirman dalam Alquran Surat Ibrahim ayat 7:

Baca Juga

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

"Wa iż ta'ażżana rabbukum la'in syakartum la'azīdannakum wa la'in kafartum inna ‘ażābī lasyadīd(un)."

Yang artinya, "(Ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), sesungguhnya azab-Ku benar-benar sangat keras.”

Dalam tafsir Kementerian Agama dijelaskan, mensyukuri rahmat Allah SWT bisa dilakukan dengan berbagai cara. Pertama, dengan ucapan yang setulus hati. Kedua, dilakukan dengan diiringi perbuatan, yaitu menggunakan rahmat tersebut untuk tujuan yang diridhai-Nya.

Dalam kehidupan sehari-hari, dapat dilihat bahwa orang-orang yang dermawan dan suka menginfakkan hartanya untuk kepentingan umum dan menolong orang, pada umumnya tak pernah jatuh miskin ataupun sengsara. Bahkan, rezekinya senantiasa bertambah, kekayaannya makin meningkat, dan hidupnya bahagia, dicintai serta dihormati dalam pergaulan. 

Sebaliknya, orang-orang kaya yang kikir, atau suka menggunakan kekayaannya untuk hal-hal yang tidak diridai Allah, seperti judi atau memungut riba, maka kekayaannya tidak bertambah, bahkan lekas menyusut. Di samping itu, ia senantiasa dibenci dan dikutuk orang banyak, dan di akhirat memperoleh hukuman yang berat.

Keutamaan syukur

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Diisyaratkan Alquran, Para Ilmuan Ungkap Keajaiban Padang Pasir Terkini Ada di Maroko

http://republika.co.id/berita//s9usvz320/diisyaratkan-alquran-para-ilmuan-ungkap-keajaiban-padang-pasir-terkini-ada-di-maroko

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement