Sabtu 09 Mar 2024 22:54 WIB

Menhub dan Pj Gubernur Jabar Bey Pastikan Bandara Kertajati Siap Hadapi Arus Mudik Lebaran

Puncak arus mudik Lebaran tahun ini diprediksi terjadi pada 5 April

Red: Arie Lukihardianti
Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi saat melakukan pengecekan BIJB, Sabtu (9/3/2024).
Foto: Dok Humas Pemprov Jabar
Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi saat melakukan pengecekan BIJB, Sabtu (9/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin memastikan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka siap menghadapi arus mudik Lebaran 2024. Hal tersebut, disampaikan Bey kepada Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi saat melakukan pengecekan BIJB, Sabtu (9/3/2024). 

Pengecekan BIJB Kertajati dalam menghadapi arus mudik Lebaran 2024 merupakan perintah dari Presiden Joko Widodo untuk memastikan kelancaran arus mudik dan balik. "Ini instruksi Bapak Presiden bahwa mudik tahun ini harus lancar dan saya lihat di sini enggak ada masalah," ujar Budi Karya Sumadi. 

Baca Juga

Puncak arus mudik Lebaran tahun ini diprediksi terjadi pada 5 April. Dalam pengecekan tersebut, Budi bersama Bey, Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan, dan pihak terkait lainnya meninjau sejumlah fasilitas di area kedatangan dan keberangkatan penumpang. 

Budi mengatakan, pengecekan itu adalah upaya pemerintah memastikan kesiapan angkutan penumpang, khususnya di Bandara Kertajati. "Kita datang ke sini bersama Kakorlantas supaya semuanya tidak ada kendala," kata Budi. 

Budi menilai, kunci menghadapi kelancaran arus mudik adalah kolaborasi. Karenanya, Budi ingin pemerintah pusat dan daerah terus berkolaborasi, termasuk dengan Korlantas Polri, Angkasa Pura hingga pengelola jalan tol. 

Menurutnya, kolaborasi menjadi penting dalam merumuskan rencana pengamanan dan pengaturan arus mudik. "Seperti biasanya mudik akan lancar kalau kita berkolaborasi," ujar Budi. 

Selain mengecek persiapan Bandara Kertajati, Budi, Bey, dan Aan juga meninjau jalur Tol Cisumdawu di KM 152. Titik tersebut menjadi pertemuan arus kendaraan dari Tol Cisumdawu dan Tol Cipali. "Kami juga melakukan kunjungan ke Tol Cisumdawu dan Cipali karena dalam pemetaan kita kedua daerah itu ada kemungkinan terjadi kepadatan," kata Budi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement