Kamis 21 Mar 2024 14:03 WIB

PKS Beri Selamat ke Prabowo-Gibran, Tapi ...

Anies tidak mempersoalkan jika ada partai pendukung yang beri selamat ke Prabowo.

Red: Teguh Firmansyah
Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR yang juga anggota Komisi I DPR Jazuli Juwaini
Foto: Republika/ Nawir Arsyad Akbar
Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR yang juga anggota Komisi I DPR Jazuli Juwaini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini mengucapkan selamat atas kemenangan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, meski tetap membuka ruang jalur gugatan hasil pilpres ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Ya, kami ucapkan selamat dalam tahap hitungan KPU (Komisi Pemilihan Umum), dengan tetap ada ruang MK (Mahkamah Konstitusi)," kata Jazuli di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis.

Baca Juga

Menurut dia, kemenangan ataupun kekalahan merupakan suatu keniscayaan dalam kontestasi pilpres.

"Dalam pemilu itu pasti ada yang menang, pasti ada yang kalah. Maka sebagai orang yang menganut paham demokrasi, ya, harus menerima kemenangan, harus menerima kekalahan," ujarnya.

Meski demikian, dia mempersilakan kepada pihak yang tidak puas dan memiliki bukti untuk melengkapi permohonan hasil perselisihan pilpres mengajukan gugatan ke MK.

"Sekarang ini banyak teman-teman, masyarakat, ya, itu mengatakan bahwa kita bukan mau nerima atau tidak terima, bukan nerima menang atau tidak terima menang, atau tidak terima kalau. Tetapi mereka mempermasalahkan cara menang. Nah, selama itu punya bukti yang kuat, ya ada ruang. Tapi kita berharap suasana kondusif," kata dia.

 
Sementaran itu pasangan Anies-Muhaimin yang salah satunya diusung oleh PKS resmi mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi. Anies pun mengaku tak mempersoalkan jika ada partai politik pendukung yang telah mengucapkan selamat ke pasangan Prabowo-Gibran. 
 
"Terkait dengan sikap, kita semua memahami bahwa sedang menjalani proses konstitusional. Partai politik memiliki hak konstitusional. Dan parpol juga memiliki sikap yang harus dihormati. Jadi kami menghormati, menghargai," kata Anies dalam konferensi pers mengenai pengajuan sengketa pemilu, didampingi cawapresnya, Muhaimin Iskandar, di Markas Pemenangan AMIN, Jalan Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2024). 
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement