Senin 25 Mar 2024 08:55 WIB

BNPB: Warga Terdampak Gempa di Gresik Mengungsi karena Trauma Gempa Susulan

Jumlah pengungsi anak di Gresik akibat gempa mencapai 6.277 jiwa.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Agus raharjo
Warga mengungsi di halaman rumahnya pascagempa di Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur, Sabtu (23/3/2024). Sebagian warga korban gempa bumi memilih mengungsi di halaman rumah mereka untuk mengantisipasi terjadinya gempa susulan.
Foto: ANTARA FOTO/Rizal Hanafi
Warga mengungsi di halaman rumahnya pascagempa di Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur, Sabtu (23/3/2024). Sebagian warga korban gempa bumi memilih mengungsi di halaman rumah mereka untuk mengantisipasi terjadinya gempa susulan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan, gempa bumi yang berpusat di lepas pantai Kabupaten Gresik, Jawa Timur, sejak Jumat (22/3/2024) lalu membuat 17.644 jiwa terdampak. Di mana, sebagian besar mengungsi bukan karena rumah mereka rusak, melainkan karena trauma masih adanya gempa susulan.

"Sebagian besar warga mengungsi bukan karena rumah mereka rusak akibat gempa, tetapi karena faktor trauma karena masih ada gempa susulan, dan adanya isu tsunami dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," tegas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari lewat keterangannya, Senin (25/3/2024).

Baca Juga

Adapun total jumlah pengungsi yang terdapat di Kabupaten Gresik itu merupakan hasil pendataan oleh BPBD Provinsi Jawa Timur hingga Ahad (24/3/2024) pukul 12.00 WIB. Secara rinci, untuk pengungsi anak ada 6.277 jiwa, dewasa sebanyak 8.833 jiwa dan pengungsi lansia sebanyak 2.534 jiwa.

Berdasarkan laporan yang disampaikan oleh BPBD Provinsi Jawa Timur, tercatat telah terjadi gempa susulan sebanyak 238 kali, dengan lokasi 132 kilometer Timur Laut Tuban. Menyikapi hal itu, BPBD Kabupaten Gresik telah mendirikan posko penanganan darurat gempa bumi, yang berlokasi Desa Dekatagung, Desa Lebak dan di pendopo Kantor Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Sementara itu, hasil kaji cepat BPBD Provinsi Jawa Timur juga menghimpun total jumlah dampak kerusakan akibat gempa yang dirasakan dampaknya hingga ke Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Lamongan, Kota Surabaya, dan Kabupaten Tuban. Di antaranya, total rumah rusak ringan sebanyak 2.654 unit, rumah rusak sedang 1.177 unit, dan rumah rusak berat sebanyak 779 unit.

Selain itu gempa juga menyebabkan rusaknya sekolah sebanyak 78 unit, rumah sakit 5 unit, tempat ibadah 156 unit, dan gedung 8 unit. Guna melakukan upaya penanganan darurat di lapangan, BPBD Provinsi Jawa Timur melakukan koordinasi dan  mengirimkan bantuan untuk warga terdampak berupa peralatan dan permakanan.

Gempa Bawean..

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement