Selasa 26 Mar 2024 21:53 WIB

Jangan Berbuat Maksiat Jika tidak Ingin Berkhianat kepada Allah 

Manusia menyalahgunakan tubuhnya jika bermaksiat.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Amalan terhindari dari perbuatan maksiat. Ilustrasi
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Amalan terhindari dari perbuatan maksiat. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Imam Abu Hamid Muhammad ibn Muhammad al-Ghazali yang lebih dikenal sebagai Imam Al Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah memperingatkan manusia sebelum berbuat maksiat.

Alim ulama bergelar Hujjatul Islam Zainuddin al-Thusi ini menjelaskan, jika manusia melakukan suatu maksiat. Sesungguhnya maksiat itu dilakukan dengan menggunakan anggota badan (tubuh) yang merupakan nikmat dari Allah SWT yang dianugerahkan dan diamanahkan kepada manusia.

Baca Juga

Menurut Imam Al Ghazali, jika manusia menggunakan anggota badannya atau tubuhnya untuk melakukan maksiat. Artinya manusia itu menyalahgunakan nikmat yang dianugerahkan Allah sekaligus mengkhianati amanah yang diberikan Allah.

Imam Al Ghazali mengumpamakan anggota badan manusia sebagai rakyat. Maka manusia sebagai seorang pemimpin bagi semua anggota badannya harus berpikir baik-baik untuk menjaganya.

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Maka kamu semua adalah penggembala (pemimpin) dan kamu semua akan ditanyai tentang pengembalaannya (kepemimpinannya)." (HR Imam Bukhari dan Imam Muslim dari Ibnu Umar Radhiyallahu anhu).

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

يَّوْمَ تَشْهَدُ عَلَيْهِمْ اَلْسِنَتُهُمْ وَاَيْدِيْهِمْ وَاَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

Yauma tasyhadu ‘alaihim alsinatuhum wa aidīhim wa arjuluhum bimā kānū ya‘malūn(a).

pada hari (ketika) lidah, tangan, dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan. (Surah An-Nur Ayat 24).

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

اَلْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلٰٓى اَفْوَاهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَآ اَيْدِيْهِمْ وَتَشْهَدُ اَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ 

Al-yauma nakhtimu ‘alā afwāhihim wa tukallimunā aidīhim wa tasyhadu arjuluhum bimā kānū yaksibūn(a).

Pada hari ini Kami membungkam mulut mereka. Tangan merekalah yang berkata kepada Kami dan kaki merekalah yang akan bersaksi terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan. (Surat Yasin Ayat 65)

Berdasarkan ayat Alquran dan hadist tersebut Imam Al Ghazali menjelaskan, semua anggota badan manusia akan bersaksi atas segala perbuatannya di Padang Mahsyar dengan menuturkan perkataan yang lancar dan terang. Anggota badan akan menyampaikan segala rahasia di Padang Mahsyar. Maka jagalah baik-baik seluruh anggota badan agar tidak melakukan maksiat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement