Rabu 27 Mar 2024 21:15 WIB

Hutama Karya Bakal Tebar Diskon di Ruas Terpanjang Tol Trans Sumatera

HK mengimbau pemudik untuk mempelajari terlebih dahulu tarif Tol Trans Sumatera.

Red: Ahmad Fikri Noor
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (Ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO/Ampelsa
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) berencana untuk memberlakukan diskon tarif tol di dua ruas terpanjang Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) pada mudik Lebaran 2024.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, kebijakan diskon tarif tol pada mudik Lebaran 2024 yang disampaikan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Hutama Karya berencana untuk memberlakukan diskon tarif pada dua ruas terpanjang di JTTS selama masa arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Baca Juga

Dua ruas tol itu yakni di Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung sepanjang 189 km dan Tol Indralaya - Prabumulih sepanjang 64,5 km.

“Saat ini kami masih melakukan perhitungan atas rencana penerapan diskon tarif tersebut. Harapannya dapat segera kami umumkan maksimal satu minggu sebelum arus mudik dimulai,” kata Tjahjo di Jakarta, Rabu (27/3/2024).

Merespons antusiasme pemudik Lebaran 2024 yang diprediksi akan meningkat signifikan, Hutama Karya meluncurkan booklet bertajuk Trans Sumatera Ramadhan Guide Book 2024 pada Kamis (28/3/2024) yang dapat diunduh di situs resmi Hutama Karya.

Dalam panduan ini dilengkapi dengan sejumlah informasi penting yang akan memudahkan pemudik seperti peta Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), fasilitas, lokasi rest area, info call center, imbauan berkendara hingga info wisata, kuliner, hingga tarif tol Trans Sumatera.

Tjahjo Purnomo menjelaskan buku panduan digital ini disiapkan bagi pemudik yang akan melintasi Tol Trans Sumatera selama arus mudik dan balik Lebaran 2024.

“Semua informasi penting mengenai Tol Trans Sumatera kami rangkum di panduan tersebut, pemudik dapat mempelajari dan mengetahui terlebih dahulu medan yang akan dilalui, sehingga dapat merasa aman dan nyaman berkendara, termasuk informasi kuliner, oleh-oleh dan tempat wisata yang dapat dikunjungi selama mudik,” katanya.

Informasi besaran tarif menjadi hal penting, pihaknya mengimbau pemudik untuk mempelajari terlebih dahulu tarif Tol Trans Sumatera sebelum memulai perjalanan mudik, sehingga akan mencegah ketidakcukupan saldo yang dapat mengakibatkan terjadinya antrran di gerbang tol.

Jika di total, tarif JTTS yang perlu menjadi perhatian pemudik adalah dari Bakauheni ke Palembang yakni sebesar Rp 410 ribu untuk kendaraan golongan 1. Kendaraan golongan 1 yang dimaksud tersebut diantaranya mobil sedan, jip, pikap atau truk kecil, dan bus.

Angka tersebut mengalami kenaikan dibanding momen mudik tahun lalu karena ada penyesuaian tarif Tol Bakauheni - Terbanggi Besar sejak 25 Mei 2023 sebelum kemudian dikelola oleh PT Bakauheni Terbanggi Besar Tol. Selain itu di sisi utara, tarif untuk golongan 1 dari Bandara Kualanamu menuju Tanjung Pura adalah sebesar Rp 105.500.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement