Kamis 28 Mar 2024 16:24 WIB

Apa itu Kucing Caracal yang Bikin Rachel Vennya 'Sentil' Okin?

Caracal berukuran sedang dan memiliki tubuh ramping dengan kaki panjang.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Kucing Caracal.
Foto: Dok. EPA/UWE ANSPACH
Kucing Caracal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selebgram Rachel Vennya sempat disorot warganet saat dirinya tampak kesal karena menduga kucing peliharaan berjenis caracal ditelantarkan mantan suaminya, Niko Al-Hakim alias Okin. Kucing tersebut berada di rumah yang mulai jarang disambangi Okin.

Okin sendiri sudah mengklarifikasi bahwa kucing tersebut tidak ditelantarkan seperti dugaan Rachel, melainkan terserang virus dan sedang menjalani perawatan. 

Baca Juga

"Nala (nama kucing, Red) memang lagi sakit dan dalam perawatan dokter dari hari Jumat. Sempat susah makan tapi sudah diatasi dengan infus," klarifikasi Okin di Instagram Stories-nya, dikutip Kamis (28/3/2024).

Okin juga meminta doa agar kucing tersebut cepat membaik. Ia juga tidak heran jika Rachel Vennya terkejut, tapi menyebut kesalahpahaman ini sudah selesai.

Sebelumnya, kucing tersebut diduga ditelantarkan karena kondisinya yang tampak kurus kering, tidak terurus. Rachel Vennya menulis "Astagfirullah nyebut berkali-kali deh gue lihat ini" ketika melihat kondisi hewan tersebut.

Kucing Caracal yang dipelihara Okin diketahui berasal dari Afrika. Kucing ini termasuk jenis kucing liar yang juga dikenal sebagai pemburu ulung.

Apa itu caracal?

Caracal adalah kucing liar berukuran sedang yang sering disebut sebagai lynx gurun, tapi lebih dekat hubungannya dengan kucing emas Afrika dan serval. Nama caracal berasal dari karakulak dalam bahasa Turki yang berarti telinga hitam. Caracal adalah anggota garis keturunan Caracal yang termasuk dalam keluarga Felidae.

Seperti apa bentuk caracal?

Dikutip dari laman Bigcatsanctuary.org, caracal berukuran sedang dan memiliki tubuh ramping dengan kaki panjang. Itu adalah kucing kecil terbesar di Afrika. Bulu caracal pendek dan lebat serta berwarna kecokelatan hingga kemerahan dengan bagian bawah berwarna keputihan. 

Wajahnya ditandai dengan garis-garis gelap dan bintik-bintik putih di sekitar mata. Bagian belakang telinganya berwarna hitam dengan jumbai panjang di bagian atas yang panjangnya sekitar 1,75 inci. Telinga kucing memiliki sekitar 20 otot yang memungkinkan mereka melakukan gerakan ekstra, dan jumbai diperkirakan meningkatkan suara yang masuk ke telinga serta membantu hewan berkomunikasi.

Seberapa besar caracal?

Caracal memiliki berat antara 8-18 kilogram dan panjangnya bisa mencapai 1 meter. Untuk jantan biasanya lebih berat dan besar daripada betina.

Seberapa cepat caracal?

Caracal dapat mencapai kecepatan hingga 50 mph (80 kph) saat berlari. Caracal mempunyai kelincahan yang luar biasa dan dapat melompat hingga 4 meter di udara untuk menangkap mangsanya.

Di mana caracal tinggal?

Caracal dapat ditemukan di gurun, hutan, dan sabana di sebagian besar Afrika serta sebagian Timur Tengah. Mereka juga dapat hidup dari Jazirah Arab hingga India Barat Laut.

Apa yang dimakan caracal?

Caracal adalah karnivora yang berarti hidup dengan pola makan berbasis daging. Mereka juga pemburu yang hebat dan akan mengincar mangsa apa pun yang ditemukan. Hewan ini akan memakan berbagai macam hewan termasuk luwak, hewan pengerat, hyrax, burung, antelop kecil, dan bahkan monyet kecil. Tidak seperti banyak kucing kecil Afrika lainnya, caracal tidak akan ragu untuk mengincar mangsa yang lebih besar dari dirinya.

Ancaman terbesar bagi caracal adalah hyena, singa, dan manusia. Caracal adalah kucing liar yang hidup di berbagai habitat di Afrika, Timur Tengah, dan Asia Tengah. Caracal adalah hewan yang mudah beradaptasi dan dapat hidup di berbagai lingkungan, termasuk padang rumput, sabana, semak belukar, dan hutan.

Usia rata-rata caracal bisa mencapai 12 tahun di alam liar, tetapi lebih lama lagi di penangkaran, sekitar 16 tahun. Caracal bukan spesies yang terancam punah, hanya diklasifikasikan sebagai "sedikit kekhawatiran" oleh Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement