Jumat 26 Apr 2024 13:36 WIB

Kisah STY: Bantai Timnas U-23 pada 1991, Terbangkan Garuda Muda di 2024

Pada pertandingan persahabatan di 1991, STY dua kali bobol gawang Garuda Muda.

Rep: Fitriyan Zamzami/ Red: Partner
.
Foto: network /Fitriyan Zamzami
.

RIHLAH -- awal 1990-an, anak muda itu masih seorang mahasiswa di Yeungnam University. Sedari remaja, ia sudah menunjukkan bakat sepak bola di posisi sebagai pemain tengah yang mumpuni. Pemuda bernama Shin Tae Yong itu kemudian dipanggil memperkuat Timnas Korea Selatan U23 pada 1991.

Salah satu pertandingan yang ia jalani kala itu, adalah laga persahabatan melawan Timnas Indonesia U23 Indonesia. Pertandingan digelar pada 24 Maret 1991 di Stadion Masan, Korsel. Sebanyak 15.000 penonton datang menyaksikan kala itu. Tak seperti setelah-setelahnya, Indonesia masih kekuatan yang diperhitungkan di Asia saat itu. Ini adalah bigmatch di Asia Pasifik.

Shin Tae Yong muda saat membela Seongnam Ilhwa Chunma. (AFP/Stanley CHOU/WSG)
Shin Tae Yong muda saat membela Seongnam Ilhwa Chunma. (AFP/Stanley CHOU/WSG)

Shin main sejak awal sebagai starter. Belum lama, memasuki menit ke-5, ia menjebol gawang Garuda Muda. Golnya menandai awal pembantaian yang akan berujung skor 5-0 untuk kemenangan Korsel. Selain gol pada menit ke-5 itu, sang primadona baru mencetak kembali gol pada menit ke-52.

Setahun setelah pertandingan itu, Shin dipanggil masuk timnas senior. Ia jadi langganan dan disertakan dalam susunan tim yang berlaga pada Piala Asia 1996 di Uni Emirat Arab. Korsel tergabung dengan UEA, Kuwait, dan Indonesia.