Sabtu 11 May 2024 10:39 WIB

99 Persen Transaksi di BRI Sudah Digital

Sekitar satu persen dilakukan melalui unit kerja atau kantor BRI.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Lida Puspaningtyas
Upaya BRI dalam mengadopsi transformasi digital untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan transaksi nasabah mendapatkan apresiasi dalam survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2024. BRI memperoleh peringkat pertama dalam kategori Performa Terbaik Mobile Banking Bank untuk BRImo dan Performa Terbaik Chatbot Bank untuk Sabrina.
Foto: dok BRI
Upaya BRI dalam mengadopsi transformasi digital untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan transaksi nasabah mendapatkan apresiasi dalam survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2024. BRI memperoleh peringkat pertama dalam kategori Performa Terbaik Mobile Banking Bank untuk BRImo dan Performa Terbaik Chatbot Bank untuk Sabrina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini, layanan perbankan dilakukan melalui beragam produk dan layanan keuangan digital. Bank Rakyat Indonesia (BRI) pun dinilai berhasil menjawab kebutuhan dan perubahan pola transaksi masyarakat secara digital. 

"Bahkan, saat ini 99 persen transaksi di BRI sudah dilakukan secara digital dan sisanya yakni sekitar satu persen dilakukan melalui unit kerja atau kantor BRI," kata Direktur Utama BRI Sunarso dalam keterangan, Sabtu (11/5/2024).

Baca Juga

Oleh karenanya, sebagai bank dengan jaringan terluas di Indonesia terus berupaya menjalankan transformasi secara berkelanjutan. Transformasi difokuskan pada dua aspek utama, yakni digital and culture.

"Kami terus men-create value baru melalui digitalisasi untuk menjalankan business model," jelasnya.

Pada April lalu, BRI menandatangani nota kesepahaman dengan Tencent Cloud dan Hi Cloud Indonesia. 

Kerja sama ini bertujuan untuk memajukan inovasi layanan perbankan BRI melalui eksplorasi teknologi, dengan fokus pada peningkatan pelayanan dan pengalaman nasabah dalam bertransaksi.

Diharapkan melalui kolaborasi ini, BRI dapat memperkaya use case dan lesson learned guna mengembangkan kapabilitas digital, khususnya untuk memberikan pengalaman perbankan yang high tech dan high touch.

Poshu Yeung, Senior Vice President Tencent Cloud International, mengatakan, Tencent Cloud gembira dapat bermitra dengan BRI, karena memiliki visi bersama untuk memimpin inovasi perbankan di Indonesia. 

"Kami akan mengolaborasikan keahlian dan akses ke solusi berkualitas tinggi dan dapat diandalkan, dengan kapabilitas digital dan kekuatan jaringan fisik BRI. Kami berharap dapat membantu memastikan bahwa BRI tetap menjadi yang terdepan dalam inovasi teknologi di lanskap perbankan Indonesia," kata dia.

Diketahui, Tencent Cloud dikenal dunia melalui keberhasilannya dalam pemanfaatan teknologi canggih seperti Generative AI, Large Language Model (LLM) hingga biometrik untuk pengembangan superapps mobile banking yang mendominasi pasar. Hi Cloud Indonesia, sebagai partner Tencent Cloud, memfasilitasi percepatan teknologi inovatif dan menjembatani kolaborasi antara Tencent Cloud dengan BRI.

Melalui eksplorasi kolektif ini, BRI mengeksplorasi potensi adopsi teknologi dan keberhasilan tersebut guna diimplementasikan pada berbagai produk dan layanan perbankan BRI, untuk meningkatkan user experience agar lebih mudah, aksesibel, efisien, dan aman. Penandatanganan kemitraan ini menandai komitmen BRI untuk tetap berada di garis depan inovasi industri layanan perbankan Indonesia.

Dengan menggabungkan pembelajaran kesuksesan Tencent dengan keahlian lokal, pemahaman pasar, dan kemampuan adopsi BRI, kemitraan ini akan mendorong penciptaan dan pengembangan layanan perbankan yang bukan hanya menjawab kebutuhan, tapi juga menawarkan pengalaman baru bagi nasabah.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement