Selasa 21 May 2024 13:52 WIB

Gubernur Kalteng Resmi Buka Festival Budaya Isen Mulang 2024

Festival Budaya Isen Mulang dan Kuliner Nusantara 2024 mampu dongkrak ekonomi daerah.

Red: Nora Azizah
Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara Tahun 2024, di Halaman Gor Indoor Serbaguna, Jalan Tjilik Riwut Palangka Raya, Sabtu (18/5/2024).
Foto: Dok. Pemprov Kalteng
Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara Tahun 2024, di Halaman Gor Indoor Serbaguna, Jalan Tjilik Riwut Palangka Raya, Sabtu (18/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Gubernur Kalteng Sugianto Sabran secara resmi buka Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara Tahun 2024, di Halaman Gor Indoor Serbaguna, Jalan Tjilik Riwut Palangka Raya, Sabtu (18/5/2024). Sugianto mengatakan bahwa Festival Budaya Isen Mulang ( FBIM), merupakan festival budaya terbesar di Kalimantan Tengah terus melakukan perubahan, berinovasi serta kreatif, bukan hanya sebagai seremonial, tetapi FBIM akan menjadi kekuatan pariwisata daerah, yang akan menjadi pengungkit perekonomian, mendorong UMKM naik kelas.

"Pembukaan FBIM malam ini, jangan dimaknai sebagai suatu rangakaian seremonial belaka, tapi kita maknai sebagai kebangkitan sektor pariwisata dan budaya, serta kebangkitan ekonomi Kalimantan Tengah," ucapnya, dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (21/5/2024).

Baca Juga

Lebih lanjut Gubernur dua periode itu menyebut, kekayaaan khasanah budaya Kalimantan Tengah, tak akan lekang dan tergerus oleh pergeseran zaman, bila terus digali, dipertahankan dan dilestarikan, salah satunya melalui ajang Festival Budaya Isen Mulang, yang berpijak dari kekuatan kearifal lokal yang membumi.

"Bila kita tidak mampu mempertahankan budaya dan kearifan lokal, suatu saat kelak anak cucu kita hanya pernah mendengar cerita, hanya pernah membaca dari literatur-literatur, bahwa betapa kayanya Kalimantan Tengah akan khasanah budaya yang luar biasa," tambahnya.