Jumat 24 May 2024 07:09 WIB

Menabung dari Hasil Jualan Ubi, Ejong Kini Naik Haji

Ejong sehari-hari berjualan hasil bumi terutama ubi jalar (sampeu)

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Sejumlah jamaah calon haji
Foto: ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
Sejumlah jamaah calon haji

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN---Ratusan calon jamaah haji (Calhaj) asal Kabupaten Kuningan hari ini akan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jumat (24/5/2024).

Para Calhaj yang termasuk ke dalam kloter 13 itu sebelumnya dilepas oleh Sekda Kabupaten Kuningan, Dian Rachmat Yanuar, di halaman Kuningan Islamic Center (KIC), Kamis (23/5/2024).

Baca Juga

Di antara calhaj yang berangkat itu, ada salah satu Calhaj lansia bernama Ejong Jakri (83), asal Desa Gersik, Kecamatan Ciawigebang. Usia yang telah lanjut dan kondisi fisik yang lemah, tak menyurutkan niatnya untuk berangkat memenuhi panggilan Allah SWT ke Tanah Suci.

Ejong mengatakan, sehari-hari berjualan hasil bumi terutama ubi jalar (sampeu). Dari hasil berjualan itulah, dia menyisihkan sebagian penghasilannya untuk ditabung agar bisa berangkat haji. Ejong mendaftar haji pada 2012 dan baru berkesempatan berangkat ke Tanah Suci pada tahun ini. Dia mengaku bersyukur akhirnya bisa berangkat meski sambil menggunakan kursi roda. ‘’Alhamdulillan saya berangkat ke Baitullah didampingi anak,’’ kata Ejong.

Selain Ejong, adapula sejumlah lansia lainnya yang masuk ke dalam rombongan tersebut. Anggota polisi yang bertugas pun terlihat menggendong salah satu calhaj lansia.

Sementara itu, Penanggungjawab Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Kabupaten Kuningan, Toni Kusumanto, menyebutkan, jumlah calhaj Kabupaten Kuningan tahun ini seluruhnya ada 1.052 orang. Mereka terbagi ke dalam tiga kloter, yaitu kloter 6, kloter 13 dan kloter 30.

‘’Kloter 6 sebelumnya telah diberangkatkan, dengan jumlah calhaj sebanyak 431 orang ditambah petugas sebanyak delapan orang. Jadi totalnya 439 orang,’’ kata pria yang juga menjabat sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Kuningan itu.

Toni mengatakan, untuk kloter 13 yang hari ini diberangkatkan, jumlahnya 440 orang, yang terdiri dari 432 calhaj dan delapan petugas. Sedangkan kloter 30, sebanyak 173 calhaj, dan akan diberangkatkan pada 9 Juni 2024.

Sekda Kabupaten Kuningan, Dian Rachmat Yanuar pun menyampaikan doa terbaik untuk seluruh calhaj asal Kabupaten Kuningan. Dia pun mengingatkan seluruh jamaah untuk selalu menaati berbagai peraturan agar selalu tertib dan khidmat dalam melaksanakan tuntutan ibadah haji. 

‘’Semoga diberikan kesehatan dan keselamatan serta kekuatan sehingga bisa menyelesaikan semua rangkaian ibadah haji dan kembali lagi dengan selamat dan menyandang gelar haji yang mabrur dan mabrurah,’’ tutur Dian. 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement