Sabtu 25 May 2024 19:43 WIB

Lima Cara Tangani FOMO Menurut Pakar

Alihkan fokus pada hal lain dan tidak usah kecewa saat tidak update.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Fear of missing out (ilustrasi). Ini cara agar tidak FOMO.
Foto:

3. Menetapkan batasan 

Emma Giordano, terapis di Empower Your Mind Therapy, menyarankan untuk menetapkan batasan saat mengakses media sosial atau melihat berbagai informasi. Ingatkan diri bahwa Anda tidak harus menghadiri setiap acara atau terlibat dalam setiap aktivitas. "Tidak realistis mengharapkan diri bisa melakukan semua yang diinginkan," ujar Giordano.

4. Hadapi pilihan  

Menurut psikolog Nekeshia Hammond, menghadapi pikiran cemas saat FOMO tidak bisa direalisasikan terkadang diperlukan. Mungkin itu terasa tidak nyaman, tetapi dapat memberi rasa memiliki hak pilihan dan memahami opsi yang diambil.

"Menyadari emosi dan pola pikir Anda mungkin memungkinkan Anda mengenali kapan FOMO muncul. Itu akan memampukan diri untuk merespons dengan jelas dan intensionalitas, dibandingkan terhanyut oleh keinginan sekilas atau tekanan eksternal," tutur Hammond.

5. Bersyukur 

Merasa cukup dan bersyukur dengan yang dimiliki adalah salah satu cara untuk melawan FOMO. Dengan bersyukur, itu bisa mengalihkan fokus seseorang dan tidak merasa kecewa saat tidak update dengan berbagai hal. Caranya, bisa dilakukan dengan menuliskan hal-hal yang disyukuri atau sekadar meluangkan waktu sejenak untuk memikirkan hal-hal positif dalam hidup.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement