Ahad 02 Jun 2024 14:47 WIB

Respons Shin Tae-yong Saat Witan akan Naik Haji

Witan sedang melaksanakan ibadah haji.

Red: Muhammad Hafil
Pemain Timnas Indonesia, Witan Sulaeman bersama istrinya, Rismahani Arifin Ledoe saat akan beribadah ke Masjidil Haram di Dar Lamar Hotel (1111), wilayah Rei Bakhsy, Makkah, Sabtu (1/6/2024).
Foto: Republika/Muhyiddin
Pemain Timnas Indonesia, Witan Sulaeman bersama istrinya, Rismahani Arifin Ledoe saat akan beribadah ke Masjidil Haram di Dar Lamar Hotel (1111), wilayah Rei Bakhsy, Makkah, Sabtu (1/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Muhyiddin dari Makkah, Arab Saudi

Pemain Timnas Indonesia, Witan Sulaeman saat ini tengah menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, sehingga tidak bisa membela Timnas Indonesia. Sebelum naik haji, dia pun mengaku telah meminta izin kepada pelatihnya, Shin Tae-yong.

Baca Juga

Setelah ditemui, menurut dia, Shin Tae Young hanya mendoakannya agar ibadahnya berjalan dengan lancar. "Dia hanya bisa izinkan, terus juga hanya berdoa, semoga ibadahnya lancar, kayak gitu aja," ujar Witan saat ditemui di Dar Lamar Hotel, wilayah Rei Bakhsy, Makkah, Sabtu (1/6/2024).

Witan meminta izin ke Shin Tae-Yiung setelah menjalani laga Babak playoff Olimpiade Paris 2024 antara Indonesia U-23 melawan Guinea U-23 pada Kamis (9/5/2024) lalu. Setelah kembali ke Jakarta, dia pun menemui pelatih asal Korea itu di hotel. 

"Sampai di hotel saya selesai makan, selesai sarapan pagi dan sebelum pembuatan tim, saya datang untuk bicara sama coach Shin,  bersama-sama pelatih di situ. Saya ngobrol, saya bilang saya mau minta izin tentang keberangkatan haji ini," ucap Witan. 

Saat meminta izin, Witan juga sempat menjelaskan kepada pelatihnya itu tentang pelaksanaan ibadah haji yang membutuhkan waktu cukup lama. 

"Jadi sepokoknya saya jelaskan semua. Terus kan sebelumnya mungkin beliau kan belum tahu tentang haji kan. Jadi awalnya dia bilang 'bisa ditunda dulu enggak'? Terus saya bilang tidak bisa, soalnya ini beda sama umrah," kata Witan.

Shin Tae-Young mengira pelaksaan haji sama seperti halnya umrah yang hanya membutuhkan waktu beberapa hari dan bisa ditunda. Namun, Witan mejelaskan bahwa haji itu berbeda dan orang Indonesia harus menunggu lama untuk naik haji. 

Setelah mendengar penjelasan Witan,,Shin Tae Youn akhirnya memberi izin. Apalagi, Witan juga terkena akumulasi kartu kuning di laga melawan Vietnam pada (21/3/2024) lalu.

"Saya jelaskan semua, alhamdulillah, dan dia mengerti. Dia tidak bisa berkata apa-apa lagi, jadi dia langsung izinin dan semoga ibadahnya lancar," jelas Witan. 

Seperti diketahui, Timnas Indonesia selangkah lagi lolos ke putaran ketiga Piala Dunia 2026 Zona Asia. Mereka hanya butuh satu kemenangan saat menghadapi Irak dan Filipina pada Juni ini. Nama Witan pun tidak masuk dalam daftar 22 nama yang dipanggil ke timnas Indonesia untuk menatap lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia tersebut. 

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement