Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

 

7 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Mari Bersiap, Indonesia Basketball Festival akan Digelar di Lima Kota

Selasa 04 Jan 2022 10:08 WIB

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Peluncuran program Indonesia Basketball Festival (IBF).

Peluncuran program Indonesia Basketball Festival (IBF).

Foto: Dok. Perbasi
Ini diharapkan dapat makin mempopulerkan bola basket di Tanah Air.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Turnamen basket internasional FIBA Asia Cup 2021 yang rencananya digelar 12-24 Juli 2022 di Jakarta, akan dijadikan momentum PP Perbasi untuk melakukan kampanye olahraga bola basket ke seluruh pelosok Indonesia. Caranya, dengan meluncurkan program Indonesia Basketball Festival (IBF). 

 

Program ini diharapkan menambah kesadaran masyarakat terhadap event bola basket di Indonesia. Sebab, setelah FIBA Asia Cup 2021, PP PERBASI juga mendapat kepercayaan menjadi penyelenggara FIBA World Cup 2023.

Baca Juga

"IBF ini bagian dari upaya PP PERBASI menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap bola basket. Terutama menumbuhkan euforia menyambut FIBA Asia Cup 2021 pada Juli nanti," kata Ketum PP Perbasi Danny Kosasih.

IBF memang disiapkan sebagai program Road to FIBA Asia Cup 2021. Event ini merupakan kompetisi basket yang ditujukan sebagai pemanasan masyarakat menuju FIBA Asia Cup Indonesia 2021. IBF akan hadir di lima kota yang memiliki sejarah dan ikon pariwisata istimewa.

Lima kota yang akan disinggahi IBF adalah Timika, Bali, Surabaya, Jogjakarta, dan Jakarta. Ajang ini bakal digelar pada 7 Januari hingga 26 Juni 2022. Sebagai langkah awal, IBF akan dilaksanakan di Timika pada 7-11 Januari 2021.

Konsep acaranya, akan ada suguhan pertandingan para pemain dari masing-masing daerah. Pemain yang boleh tampil harus berusia 19-22 tahun. Kategori putera dan puteri. Mereka akan bertarung dalam tiga series, yakni regional series, regional champions, dan championship series.

"Kami sengaja membatasi usai 19-22 tahun karena memang menyesuaikan kebutuhan. Kami berharap mendapatkan banyak data pemain dari seluruh Indonesia untuk menyuplai kebutuhan pemain kita ke depan," kata Danny.

Ketua Pelaksana FIBA Asia Cup 2021 Junas Miradiarsyah berharap acara ini bisa lebih mendekatkan masyarakat terhadap bola basket. Dengan begitu, masyarakat menjadi penasaran dengan aksi-aksi pebasket top Asia di FIBA Asia Cup 2021 nanti.

“IBF 2022 hadir untuk memasyarakatkan bola basket di Indonesia. Dengan begitu, masyarakat bisa lebih semarak menyambut FIBA Asia Cup 2022 nanti,” ujar Ketua Pelaksana FIBA ASIA Cup Indonesia 2022 Junas Miradiarsyah.

“Adapun kehadiran IBF di beberapa kota diharapkan bisa membangkitkan kembali sektor pariwisata di sekitar, membangkitkan kembali ekonomi, serta mengajak masyarakat aktif bergerak kembali,” ujar dia.

Selain kompetisi basket, IBF juga menghadirkan kegiatan hiburan seperti bazar dan juga pelatihan yang menghadirkan atlet profesional Indonesia. Event ini juga mendapat dukungan dari berbagai sektor seperti Bank Mandiri dan Freeport.

"Bank Mandiri sangat berkomitmen mendukung perkembangan bola basket nasional. Mulai dari pelaksanaan kompetisi IBL, 3X3, Liga Mahasiswa, Asia Cup, World Cup, Coaching Clinic serta yang tak kalah pentingnya adalah renovasi lapangan basket sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial Bank Mandiri atas pengembangan olahraga basket di Tanah Air. Oleh karena itu, kami menyambut baik kegiatan festival basket di lima kota yang tak hanya akan makin mempopulerkan bola basket, tapi juga memperluas informasi akan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup tahun ini dan FIBA World Cup 2023," kata Corporate Secretary Bank Mandiri, Rudi As Aturridha.

Ia menambahkan, kepercayaan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) kepada Indonesia untuk menggelar dua ajang bergengsi di level Asia dan dunia harus benar-benar dimanfaatkan. Selain untuk meningkatkan prestasi bola basket nasional ke tingkat yang lebih tinggi, juga untuk mempromosikan Indonesia melalui olahraga.

Executive Vice President External Affairs, Agung Laksamana, menyampaikan komitmen perusahaannya untuk ikut mendukung pengembangan olah raga di Papua. Pergelaran IBF di Timika akan diselenggarakan di Stadion Mimika Sport Complex (MSC) yang dibangun oleh Freeport Indonesia. Stadion berstandar internasional ini memiliki fasilitas olah raga indoor dan outdoor, serta fasilitas pendukung lainnya. Stadion ini telah digunakan pada ajang PON XX Papua yang lalu.

“Keikutsertaan PT Freeport Indonesia dalam pelaksanaan Indonesia Basketball Festival (IBF) adalah untuk ikut memasyarakatkan basket di Indonesia, khususnya di Papua. Penyelenggaraan IBF di Timika merupakan bagian dari komitmen kami untuk ikut mendukung lahirnya talenta-talenta muda Papua di bidang olah raga basket, selain sepak bola dan atletik, yang dapat membawa harum Papua untuk Indonesia,” ujar Agung.

Jadwal IBF 2022:

Timika (7-11 Januari 2022)

Bali (23-27 Februari 2022)

Surabaya (16-20 Maret 2022)

Yogyakarta (11-15 Mei 2022)

Jakarta (1-5 Juni 2022)

Championship Series (21-16 Juni 2022)

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile