Senin 10 Jun 2024 09:53 WIB

Pekerjaan Sederhana, tapi Diganjar Limpahan Pahala

Pahala akan datang jika kita melakukan kebaikan.

Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi memelihara hewan.
Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto
Ilustrasi memelihara hewan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk meraih pahala berlimpah tak selalu harus mengeluarkan harta atau bersusah payah tirakat. Ada pekerjaan sederhana yang jika dikerjakan, akan bernilai pahala.

Berikut perilaku baik yang bisa dilakukan untuk menambah kebaikan.

Baca Juga

Pertama, menyayangi hewan

Islam memandang hewan sebagai makhluk Allah yang layak untuk diperlakukan dengan kasih sayang, belas kasihan, dan penuh perhatian. Salah satu bentuk kasih sayang terhadap hewan adalah dengan memberi makanan dan minuman, tidak melakukan kekerasan, menyediakan tempat yang layak, dan lain sebagainya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melewati seekor unta yang punggungnya menempel dengan perutnya (artinya: kelihatan begitu kurus karena tidak terurus). Beliau bersabda:

اتَّقُوا اللَّهَ فِى هَذِهِ الْبَهَائِمِ الْمُعْجَمَةِ فَارْكَبُوهَا صَالِحَةً وَكُلُوهَا صَالِحَةً

Bertakwalah kalian kepada Allah pada binatang-binatang ternak yang tak bisa berbicara ini. Tunggangilah ia dengan baik-baik, makanlah pula dengan cara yang baik. (HR. Abu Daud).

Kedua, membantu orang kurang mampu

Islam tidak hanya memandang bantuan kepada sesama sebagai tindakan mulia, tetapi juga sebagai kewajiban moral yang harus dipenuhi oleh setiap Muslim, terutama membantu orang yang kurang mampu.

Dalam Alquran maupun hadis Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam terdapat banyak perintah dan contoh yang menggarisbawahi pentingnya kepedulian dan keterbagian dalam membantu orang-orang yang membutuhkan. Salah satunya dalam Surat Al-Baqarah ayat 273 Allah ta’ala berfirman:

لِلْفُقَرَاءِ الَّذِينَ أُحْصِرُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ لَا يَسْتَطِيعُونَ ضَرْبًا فِي الْأَرْضِ يَحْسَبُهُمُ الْجَاهِلُ أَغْنِيَاءَ مِنَ التَّعَفُّفِ تَعْرِفُهُمْ بِسِيمَاهُمْ لَا يَسْأَلُونَ النَّاسَ إِلْحَافًا ۗ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ خَيْرٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ

(Berinfaklah) kepada orang-orang fakir yang terikat (oleh jihad) di jalan Allah; mereka tidak dapat (berusaha) di bumi; orang yang tidak tahu menyangka mereka orang kaya karena memelihara diri dari meminta-minta. Kamu kenal mereka dengan melihat sifat-sifatnya, mereka tidak meminta kepada orang secara mendesak. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah), maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui. (QS. Al-Baqarah: 273)

 

KETIGA...Lihat halaman berikutnya >>>

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement