Selasa 11 Jun 2024 15:01 WIB

Israel Akui Satu Komandan dan Tiga Prajurit Tewas Dijebak Pejuang Palestina

Pasukan Israel berulang kali terjebak dalam bangunan yang dipasangi bom.

Red: Fitriyan Zamzami
Militer Israel melakukan patroli usai melakukan serangan militer di kamp pengungsi Al Fara
Foto: AP Photo/Majdi Mohammed
Militer Israel melakukan patroli usai melakukan serangan militer di kamp pengungsi Al Fara

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA – Pasukan penjajahan Israel mengakui empat tentara Israel tewas akibat ledakan di sebuah bangunan jebakan di Rafah, Gaza selatan pada Senin (10/6/2024). Salah satu yang tewas disebut adalah komandan kompi dari Brigade Givati.

Di antara yang tewas, dua sedang dalam masa pelatihan dan seorang adalah komandan kompi mereka. Mereka semua bertugas di unit pengintaian Brigade Givati. 

Baca Juga

The Times of Israel melansir, menurut penyelidikan awal IDF pasukan tersebut telah melemparkan bahan peledak ke dalam sebuah rumah yang mencurigakan di lingkungan Shabura di Rafah. Itu mereka lakukan untuk memicu bom yang kemungkinan dipasang pejuang Palestina di bangunan itu.

Ketika tak ada ledakan susulan, mereka kemudian masuk ke dalam bangunan itu. Ketika dua tentara memasuki gedung berlantai tiga, bangunan itu meledak tiba-tiba meledak, menyebabkan sebagian dari bangunan itu roboh menimpa beberapa tentara. Di dalam rumah tersebut, IDF mengeklaim menemukan sebuah terowongan, yang mengindikasikan bahwa bangunan tersebut kemungkinan besar milik Hamas.

Selain empat tentara yang terbunuh, tujuh lainnya terluka, termasuk lima serius, menurut IDF. Kematian mereka menambah jumlah korban tewas dalam serangan darat IDF terhadap Hamas di Gaza dan di tengah operasi di sepanjang perbatasan menjadi 299 orang.

Brigade Izzuddin al-Qassam, sayap militer Hamas, sebelumnya mengumumkan bahwa para pejuangnya mampu meledakkan sebuah rumah jebakan tempat pasukan Israel bersembunyi di kamp Shabura di kota Rafah, selatan Jalur Gaza. Serangan itu disebut membunuh dan melukai anggota IDF.

Pernyataan Brigade al-Qassam menambahkan bahwa pejuangnya membombardir sekitar rumah dengan mortir setelah pasukan penyelamat tiba di sana. Brigade Al-Qassam juga mengatakan bahwa mereka menargetkan buldoser militer D-9 dengan peluru Al-Yassin 105 di dekat Masjid Al-Awda di pusat Rafah.

photo
Tentara Israel membawa peti berisi jenazah tentara Israel yang tewas di Gaza saat pemakaman militer Kiryat Shaul di Tel Aviv, Israel, Ahad, 12 Mei 2024. - (AP Photo/Oded Balilty)

Kelompok pejuang Palestina itu juga mengatakan bahwa mereka mengebom pasukan yang ditempatkan di lingkungan “Tal Al-Sultan” di kota Rafah. Al-Qassam  menyiarkan adegan yang mereka katakan menargetkan tentara dan kendaraan pendudukan di poros Al-Taqaddum di Yabna. kamp, ​​​​di selatan kota Rafah.

Pada Januari lalu, IDF menderita kehilangan pasukan terbesar ketika 21 tentara cadangan tewas dalam ledakan di dua bangunan di Gaza selatan. Menurut juru bicara Pasukan Pertahanan Israel, pasukan komando Hamas menembakkan granat berpeluncur roket, atau RPG, ke tank Israel yang dikerahkan untuk melindungi tentara yang memasang bom di gedung, menyebabkan reaksi berantai yang menyebabkan bangunan di atasnya runtuh dan menimpa tentara Israel.

Kejadian serupa terjadi pada Desember. Brigade al-Qassam kala itu merilis video serangan dari Juhr Al-Dik di Gaza tengah. Dalam video Hamas, militan Palestina terlihat menyerang sebuah rumah. Hamas mengklaim rumah yang dibom itu menampung setidaknya 10 tentara Israel di dalamnya. 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement