Rabu 12 Jun 2024 06:20 WIB

Saat Video Olok-Olok Palestina Viral, Ribuan Anak di Gaza Jadi Syuhada

Kementerian Pendidikan Palestina mengatakan, ada 15 ribu anak terbunuh.

Red: A.Syalaby Ichsan
Warga Palestina bersiap menguburkan dua orang dewasa dan lima anak laki-laki dan perempuan di bawah usia 16 tahun setelah serangan Israel di Rafah, Jalur Gaza Selatan.
Foto: AP Photo/Ismael Abu Dayyah
Warga Palestina bersiap menguburkan dua orang dewasa dan lima anak laki-laki dan perempuan di bawah usia 16 tahun setelah serangan Israel di Rafah, Jalur Gaza Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Viralnya video empat remaja putri yang mengolok-olok korban anak-anak Palestina di sebuah restoran cepat saji membuat miris publik. Terlebih, remaja belasan tahun tersebut sempat membuat lelucon tentang beberapa menu di restoran yang diduga masuk dalam daftar boikot tersebut dengan berbagai kalimat, “Ini tulang anak Palestina,” “Ini darah anak Palestina,” dan “Ini daging anak Palestina”.

Pada saat video tersebut viral, ribuan anak Palestina telah menjadi syuhada. Data dari Kantor Kemanusiaan PBB untuk Palestina, OCHAPT per 10 Juni menyebutkan, ada sebanyak 7.797 anak Palestina atau 32 persen dari 24.686 korban yang sudah teridentifikasi. Sementara itu, OCHA PT mencatat jumlah total warga Gaza yang tewas sebanyak 37.084 orang sejak agresi penjajah Israel pada Oktober 2023.

Baca Juga

Kementerian Pendidikan Palestina mengatakan, korban jiwa anak-anak Palestina lebih dari angka tersebut. Menurut kementerian tersebut, sebanyak 15 ribu anak-anak Palestina telah terbunuh sejak dimulainya agresi pendudukan Israel terhadap Jalur Gaza. Sebagian besar dari mereka adalah siswa sekolah dan taman kanak-kanak, selain 64 siswa dari sekolah-sekolah di Tepi Barat, termasuk Yerusalem.

photo
Empat remaja putri makan di restoran cepat saji dengan mengolok-olok penderitaan rakyat Palestina. - (tangkapan layar)

Kementerian melansir hal itu pada peringatan Hari Internasional Anak-Anak Tak Bersalah Korban Agresi yang jatuh pada 4 Juni. Mereka mengatakan pada peringatan itu, yang seharusnya mendapatkan sorotan adalah anak-anak di Gaza karena mereka adalah korban terbesar dari kekerasan agresi pendudukan yang berlangsung sejak 7 Oktober.