Rabu 12 Jun 2024 07:06 WIB

Kronologi Bus yang Angkut Mahasiswa ITB Alami Kecelakaan Beruntun di Kampus Jatinangor

Kecelakaan bus terjadi saat hendak berangkat study tour.

Rep: Fauzi Ridwan/ Red: Teguh Firmansyah
Kecelakaan Bus ITB
Foto: Dok Republika
Kecelakaan Bus ITB

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kampus ITB menjelaskan kronologi bus yang mengangkut rombongan ITB hendak study tour ke Waduk Jatigede dan Cirata mengalami kecelakaan di Kampus Jatinangor, Selasa (11/6/2024) kemarin. Mereka yang berasal dari Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan hendak melaksanakan kuliah lapangan tahun 2024.

Direktur Kemahasiswaan ITB Prasetyo Adhitama mengatakan rombongan mahasiswa hendak berangkat ke Cirata dan Jatigede untuk Selasa (11/6/2024) dari Kampus Jatinangor untuk memperkenalkan infrastruktur pendukung penyediaan energi terbarukan. Total rombongan bus mencapai 17 bus (sebelumnya disebutkan 18 bus).

Baca Juga

"Jumlah peserta 495 orang mulai dari mahasiswa, asisten, tenaga kependidikan dan dosen. Teknis keberangkatan peserta dilaksanakan dari Labtek 1B kampus Jatinangor," ucap dia melalui keterangan resmi yang diterima.

Ia mengatakan terdapat empat unit bus yang parkir di jalan utama kampus atau di sisi jalan yang menurun. Sekitar pukul 05.50 WIB, bus paling belakang yang sedang parkir dengan posisi ban diganjal, rem tangan aktif dan mesin menyala tiba-tiba meluncur dan menyebabkan tabrakan beruntun dengan beberapa bus di depannya.