Senin 17 Jun 2024 20:55 WIB

Kodam Pattimura Sembelih 17 Hewan Kurban untuk Dibagikan kepada Warga

Hikmah kurban hendaknya diteladani sebagaimana keluarga Nabi Ibrahim.

Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi kurban Idul Adha.
Foto: Dok Republika
Ilustrasi kurban Idul Adha.

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Komando Daerah Militer (Kodam) XV/Pattimura berkurban sebanyak 17 ekor hewan pada Idul Adha 1445 Hijriah dan dagingnya dibagikan kepada warga sekitar.

“Semoga dengan mengikuti suri tauladan Nabi Ibrahim AS ini apa yang kita lakukan mendapat balasan yang lebih dari Allah SWT dan menjadi berkah,” ujar Pangdam Pattimura Mayjend TNI Syafrial di Ambon, Senin.

Baca Juga

Pangdam mengatakan bahwa panitia penyembelihan hewan kurban di satuannya menerima sebanyak 14 sapi dan tiga kambing yang berasal dari pimpinan dan keluarga besar Kodam XV/Pattimura.

“Dari 14 hewan kurban tersebut satu di antaranya kami serahkan dan disembelih di Masjid At Taqwa Desa Larike Atas, Leihitu Barat, Maluku Tengah," katanya.

Selanjutnya daging dari hewan kurban yang disembelih juga dibagikan kepada prajurit dan warga sekitar di daerah Masjid Al-Ijtihad belakang kota.

Dengan semangat Idul Adha 1445 Hijriah Pangdam juga berpesan agar setiap insan menjadikan hikmah Idul Adha sebagai momentum peningkatan ketakwaan dan semangat rela berkorban bagi sesama.

Senada dengan Pangdam, pada kesempatan yang sama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maluku menyampaikan Idul Adha merupakan esensi dari ketakwaan keluarga Nabi Ibrahim AS.

"Ibadah haji dan kurban merupakan esensi dari perjalanan keluarga Nabi Ibrahim. Idul Adha adalah hari perjuangan dan pengorbanan serta keikhlasan, bagaimana sosok Nabi Ibrahim, Nabi Ismail dan Siti Hajar yang mengenyampingkan kepentingan pribadi untuk taat pada perintah Allah SWT,” kata Ketua MUI Provinsi Maluku Dr Abdullah Latuapo.

Hikmah kurban hendaknya diteladani sebagaimana keluarga Nabi Ibrahim yang memiliki semangat berjuang dan berkurban yang dilandasi dengan keikhlasan. Oleh sebab itu kata dia keluarga seperti keluarga Nabi Ibrahim patut dicontoh karena mampu mencintai dan taat kepada perintah Allah SWT melebihi apa yang dimiliki di dunia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement