Jumat 21 Jun 2024 10:21 WIB

'Kami Belum Pernah Alami Gelombang Panas Sekuat Ini'

Sebanyak 125 warga Meksiko meninggal akibat gelombang panas tahun ini.

Rep: Lintar Satria/ Red: Satria K Yudha
Orang-orang bermain di air mancur di Alameda Central di Mexico City, Meksiko, 12 Mei 2024, untuk mendinginkan badan di tengah gelombang panas.
Foto: EPA
Orang-orang bermain di air mancur di Alameda Central di Mexico City, Meksiko, 12 Mei 2024, untuk mendinginkan badan di tengah gelombang panas.

REPUBLIKA.CO.ID, VERACRUZ -- Para staf panti wreda di negara bagian Veracruz, selatan Meksiko, membawa penghuni panti dengan sepeda mereka untuk mencari penyejuk di tengah suhu panas yang 'membakar' negara itu. Awalnya, orang-orang lanjut usia di panti hanya duduk di depan kipas angin.

Tak cukup mendinginkan badan dengan kipas angin, mereka lantas mencari gedung yang memiliki pendingin udara. Mereka melakukan apa pun yang bisa dilakukan untuk mengatasi panas yang disebabkan perubahan iklim akibat aktivitas manusia.

Baca Juga

"Kami belum pernah mengalami gelombang panas dengan intensitas sebesar ini, sekuat ini, begitu meresap dan tanpa henti. Gelombang panas ini menewaskan banyak orang di Veracruz." kata direktur panti wreda Cogra Maria Teresa Mendoza, Kamis (20/6/2024).

Kementerian Kesehatan Meksiko mencatat setidaknya 125 orang meninggal akibat gelombang panas di musim panas tahun ini. Lebih dari 2.300 orang mengalami heat stroke atau serangan panas, dehidrasi, dan terbakar matahari.