Jumat 21 Jun 2024 10:48 WIB

Polisi Bakal Rutin Ramp Check Bus Wisata Tiap Pekan di Jabar

Apabila ditemukan bus yang tidak laik jalan maka diminta untuk ditukar bus lainnya

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Petugas Dishub Kota Bandung melakukan Ramp Check
Foto: Edi Yusuf/Republika
Petugas Dishub Kota Bandung melakukan Ramp Check

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---- Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Barat bakal terus melakukan kegiatan ramp check terhadap bus-bus wisata yang beroperasi di wilayah Jawa Barat. Mereka menggandeng Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah Jawa Barat.

Wadirlantas Polda Jawa Barat AKBP Edwin Affandi mengatakan, ramp check terhadap bus wisata di lokasi objek wisata terus dilakukan bersama BPTD Jabar. Pemeriksaan bus wisata akan dilakukan rutin termasuk di tingkat kabupaten dan kota.

Baca Juga

"Kegiatan ini mengantisipasi kecelakaan dikarenakan tidak laik kendaraan yang mengangkut penumpang di Jabar," ujar Edwindi Mapolda Jabar, Jumat (21/6/2024).

Ia mengatakan apabila ditemukan bus yang tidak laik jalan maka diminta untuk ditukar dengan bus lain. Namun, jika tidak terdapat bus wisata pengganti maka akan diminta ditukar memakai bus dari perusahaan otobus lain.

"Apabila ditemukan kendaraan dalam posisi tidak laik jalan baik berdasarkan surat atau kondisi fisik kita minta bus diganti yang lain dari pool apabila tidak ada bus pengganti diupayakan dari po tersebut," kata dia.

Ia pun memberikan arahan kepada jajaran Satlantas Polres di kabupaten dan kota untuk melaksanakan ramp check antisipasi bus tidak laik. Pengecekan tidak hanya dilakukan saat libur akan tetapi saat akhir pekan. "Kegiatan in berkelanjutan diantisipasi bus tidak laik tidak hanya saat libur tapi saat wekeend," kata dia.

Kepala BPTD Jabar Muhammad Fahmi mengatakan satu bulan terakhir telah mengecek 1.600 unit bus wisata di Jawa Barat. Kegiatan pengecekan bakal rutin dilaksanakan. "Kegiatan ramp check akan terus dilaksanakan," kata dia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ اِلٰى نِسَاۤىِٕكُمْ ۗ هُنَّ لِبَاسٌ لَّكُمْ وَاَنْتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ ۗ عَلِمَ اللّٰهُ اَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُوْنَ اَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۚ فَالْـٰٔنَ بَاشِرُوْهُنَّ وَابْتَغُوْا مَا كَتَبَ اللّٰهُ لَكُمْ ۗ وَكُلُوْا وَاشْرَبُوْا حَتّٰى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْاَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْاَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِۖ ثُمَّ اَتِمُّوا الصِّيَامَ اِلَى الَّيْلِۚ وَلَا تُبَاشِرُوْهُنَّ وَاَنْتُمْ عَاكِفُوْنَۙ فِى الْمَسٰجِدِ ۗ تِلْكَ حُدُوْدُ اللّٰهِ فَلَا تَقْرَبُوْهَاۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ اٰيٰتِهٖ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُوْنَ
Dihalalkan bagimu pada malam hari puasa bercampur dengan istrimu. Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menahan dirimu sendiri, tetapi Dia menerima tobatmu dan memaafkan kamu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah bagimu. Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa sampai (datang) malam. Tetapi jangan kamu campuri mereka, ketika kamu beriktikaf dalam masjid. Itulah ketentuan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, agar mereka bertakwa.

(QS. Al-Baqarah ayat 187)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement