Selasa 25 Jun 2024 22:31 WIB

Wakil Grand Syekh Al-Azhar Kunjungi MUI, PBNU dan PP Muhammadiyah

Wakil Grand Syekh Al-Azhar mengajak semua pihak menguatkan wasathiyah.

Red: Erdy Nasrul
Wakil Grand Syekh al Azhar Syekh Muhammad ad-Duwainy bersama  pengurus MUI Pusat
Foto: MUI
Wakil Grand Syekh al Azhar Syekh Muhammad ad-Duwainy bersama pengurus MUI Pusat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Grand Syekh Al-Azhar Mesir Prof. Dr. Muhammad Ad-Duwainy berkunjung ke Kantor MUI Pusat, PBNU dan PP Muhammadiyah, Senin (24/6). Pertemuan dalam rangka silaturahim dan memperkuat hubungan kerjasama dakwah, pendidikan dan kemanusiaan. Sebelumnya, Wakil GSA menghadiri Syariah International Expo di Jakarta yang diadakan oleh BSI.

Di MUI, Wakil Grand Syaikh bertemu dengan jajaran Pimpinan Pusat MUI dan para Ketua Ormas Islam. Mereka mendiskusikan berkaitan dengan penyebaran wasatiyyat Islam dan pandangan -pandangan terkait isu kemanusiaan global khususnya soal nasib bangsa Palestina.

Baca Juga

Al-Azhar dan MUI sepakat meningkatkan kerjasama dalam bidang dakwah dan pendidikan melalui pendidikan intensif tentang dakwah dan wawasan wasatiyyat Islam dalam ruang lingkup islamic studies bagi para dai dan asatidz serta khotib masjid di Al-Azhar Mesir.

Di PBNU dan Muhammadiyah, Al-Azhar memiliki pandangan yang sama, bahwa wasatiyyat Islam dan metode dakwah yang saat ini harus diperluas adalah dengan pola dakwah yang samhah (bijak) dengan menampilkan keteladanan akhlakul karimah sebagaimana dicontohkan oleh Nabi SAW dan para sahabatnya.