Rabu 26 Jun 2024 20:30 WIB

Jamaah Haji Indonesia Gelombang 2 Mulai Didorong ke Madinah

Setelah melaksanakan ibadah di Madinah, baru mereka akan dipulangkan ke Tanah Air.

Rep: Muhyiddin/ Red: A.Syalaby Ichsan
Pemberangkatan jamaah haji gelombang pertama dari SUB 45, di hari terakhir pendorongan dari Madinah ke Makkah, Sabtu (1/6/2024).
Foto: Dok MCH 2024
Pemberangkatan jamaah haji gelombang pertama dari SUB 45, di hari terakhir pendorongan dari Madinah ke Makkah, Sabtu (1/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Jamaah haji Indonesia gelombang 2 mulai didorong dari Makkah ke Madinah pada Rabu (26/6/2024) hari ini. Ada 6.950 jamaah haji Indonesia yang diberangkatkan. Mereka tergabung dalam 17 kelompok terbang (kloter).

"Alhamdulillah pada hari ini jamaah haji Indonesia gelombang kedua, mulai diberangkatkan dari Kota Makkah menuju Madinah," ujar Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah, Khalilurrahman saat diwawancara usai apel di Kantor Daker Makkah, Arab Saudi, Rabu (26/6/2024).

Baca Juga

Setelah melaksanakan ibadah di Madinah, baru mereka akan dipulangkan ke Tanah Air. Khalil pun mengimbau kepada jamaah yang akan berangkat ke Madinah untuk mematahi jadwal keberangkatan yang telah ditetapkan oleh petugas haji di Makkah."Jangan sampai jamaah masih melaksanakan ibadah sunnah ataupun ibadah yang lainnya di Masjidil Haram pada saat berangkatan," ucap Khalil.

photo
Kepala Daker Makkah, Khalilurrahman - (Republika/Muhyiddin)

Sementara itu, salah satu jamaah yang diberangkatkan dari Hotel Yaqub Al Qoqandi I Makkah, Zulkifli mengaku merasa berat meninggalkan kota suci Makkah. Apalagi, ia harus menunggu 12 tahun lamanya untuk sampai ke Tanah Suci.“Sedih rasanya meninggalkan Makkah, entah kapan ke sini lagi," ujar jamaah asal Batam itu.

Zulkifli bersama jamaah lainnya tergabung dalam kloter 12 embarkasi BTH. Selama berada di Makkah hingga puncak haji, dia pun mengaku mendapatkan pelayanan yang memuaskan dari para petugas haji.“Dari awal keberangkatan sampai di sini, saat puncak haji semua terlayani dengan baik,” ucap Zulkifli.

Sebagaimana diketahui, proses kepulangan jamaah haji Indonesia dari Makkah sudah dimulai sejak Jumat (21/6/2024) lalu. Mereka dipulangkan melalui King Abdulaziz International Airport di Jeddah maupun Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz di Madinah.

Berdasarkan data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) pada Rabu (26/6/2024) pagi, sebanyak 84 kloter sudah dipulangkan ke Tanah Air. Total jamaah haji reguler tercatat sebanyak 553 kloter.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement