Sabtu 29 Jun 2024 11:12 WIB

Tanda Kiamat Sudah Dekat, Semakin Banyak Orang Mengaku Utusan Allah

Dalam sejarah tercatat beberapa nama orang yang mengaku dirinya sebagai Nabi

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: A.Syalaby Ichsan
Nabi Palsu (ilustrasi)
Foto: Republika/Mardiah
Nabi Palsu (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Di antara sekian banyak tanda-tanda semakin dekatnya hari kiamat, satu di antaranya adalah bermunculan para pembohong dan orang yang mengaku sebagai utusan Allah SWT atau mengaku sebagai Nabi. Dalam hadits, disebutkan bahwa jumlah pembohong yang mengaku sebagai utusan Allah SWT sebanyak 30 orang.

Satu dari sekian banyak tanda semakin dekatnya kiamat adalah munculnya banyak dajjal yang mengaku Nabi, baik pada saat Nabi Muhammad SAW masih hidup maupun setelah wafat. Dalam satu hadits disebutkan bahwa jumlahnya sekitar 30 orang. Namun Rasulullah SAW tidak memerincinya satu per satu.

Baca Juga

لَا تَقُوْمُ السَّاعَةُ حَتَّى يُبْعَثَ دَجَّالُوْنَ كَذَّابُوْنَ قَرِيبٌ مِنْ ثَلَاثِيْنَ ، كُلُّهُمْ يَزْعُمُ أَنَّهُ رَسُوْلُ اللَّهِ . (رواه البخاري ومسلم عن أبي هريرة)

"Hari kiamat tidak akan datang sampai muncul banyak dajjal sang pembohong, (jumlahnya) sekitar 30 orang dan semuanya mengaku sebagai utusan Allah." (Riwayat Imam al-Bukhari dan Imam Muslim dari Abu Hurairah Radhuayalahu anhu)