Senin 08 Jul 2024 09:09 WIB

Erick Thohir Dorong Perayaan Tahun Baru Islam Lebih Meriah

Merayakan tahun baru Hijriah dinilai lebih kepada ungkapan syukurnya.

Red: A.Syalaby Ichsan
Menteri BUMN Erick Thohir memeriahkan acara International Hijriah Food Festival di Masjid At-Thohir, Depok, Ahad (7/7/2024).
Foto: Fuji EP/Rep
Menteri BUMN Erick Thohir memeriahkan acara International Hijriah Food Festival di Masjid At-Thohir, Depok, Ahad (7/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir ikut menghadiri International Hijriah Food Festival di Masjid At-Thohir, Depok, Ahad (7/7/2024) malam.

Festival kuliner internasional tersebut digelar dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1446 Hijriah oleh PT Khazanah Al-Wahda Kreatif didukung oleh Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT).

Baca Juga

Erick berkeliling melihat bazaar dengan berbagai makanan internasional di International Hijriah Food Festival. Kepada awak media, Erick mengatakan, tahun baru Hijriah kadang-kadang tidak dijadikan sesuatu yang prioritas. Padahal, dia mengatakan, tahun baru Hijriah tidak kalah dengan tahun baru Masehi yang sering masyarakat lakukan. 

"Saya sejak dulu waktu memimpin sebuah media, saya melakukan kolaborasi peringatan tahun Hijriah waktu itu (menghadirkan) Slank dengan Hadad Alwi," kata Erick kepada Republika di area Masjid At-Thohir, Depok, Ahad (7/7/2024) malam.

Menurut Erick yang juga ketua PSSI tersebut, sekarang perayaan tahun baru Hijriah sudah mulai bergulir. Contohnya, ujar dia, perhelatan International Hijriah Food Festival di sekitar Masjid At-Thohir. 

Ia menyampaikan,masyarakat tentu ingin merayakan tahun baru Hijriah tanpa meninggalkan suasana yang baik sebagai Muslim."Saya sangat mendorong tahun Hijriah ini bisa lebih besar lagi dirayakan oleh umat bahkan seluruh bangsa Indonesia di mana pun tentu di kota dan di provinsi," ujar Erick.

Merayakan tahun baru Hijriah, menurut Erick, tidak mengejar kemeriahannya, tapi lebih kepada ungkapan syukurnya. Erick juga mengatakan bahwa hijrah itu artinya sesuatu yang ke tempat lebih baik. Jadi makna tahun baru Hijriah kembali lebih baik.

"Lebih baik selalu, sama sepak bola Indonesia lebih baik," ujar Erick sambil tersenyum dan disambut tawa insan pers yang mewawancarainya.

Secara keseluruhan, International Hijriah Food Festival mencakup bazaar dengan berbagai makanan internasional, penampilan kesenian Nusantara (rampag bedug), kesenian tari khas Tiongkok, pertunjukan kembang api, playground, dan live music. 

Khusus untuk di Depok, pada tanggal 6 Juli 2024, ada agenda tambahan berupa demo masak serta special talkshow oleh Habib Husein Ja’far. International Hijriah Food Festival hadir di Depok pada 6-7 Juli 2024, Tangerang pada 13-14 Juli 2024, Surabaya pada 20-21 Juli 2024, dan Solo pada 27-28 Juli 2024. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement